kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin Covid-19 dan 3M menjadi paket lengkap melindungi kesehatan masyarakat


Minggu, 20 Desember 2020 / 21:45 WIB
Vaksin Covid-19 dan 3M menjadi paket lengkap melindungi kesehatan masyarakat
ILUSTRASI. Sejumlah pengendara motor dengan tertib menggunakan masker saat melintas di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (8/12/2020).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah dan masyarakat perlu bahu membahu mencegah penularan Covid-19 agar tidak meluas dan terkendali. Sejauh ini, pemerintah terus berupaya menjaga kesehatan masyarakat dan secepatnya mendatangkan vaksin Covid-19.

Kendati begitu, menurut pendapat berbagai ahli di bidang kesehatan, masyarakat tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak).

dr. Syahrizal Syarif, MPH,Ph.D., Ahli Epidemiologi FKM UI menerangkan, pada bulan Mei 2020 ia mengamati, sudah ada 80% negara-negara yang wabahnya dalam kondisi terkendali, dan 20% fluktuatif.

Tapi saat ini angkanya berbeda, menurut Syahrizal, kondisi wabah fluktuatif menjadi 64%, ini artinya bukan Indonesia saja, tapi dunia pun sedang fluktuatif.

"Baca Juga: Bank Dunia ingatkan 8,5 juta masyarakat Indonesia bisa jatuh miskin

Lalu saya kira vaksin-vaksin yang sudah melakukan uji klinik fase III ini merupakan berita baik, karena memberikan harapan agar kita bisa keluar atau paling tidak berada dalam situasi dimana COVID-19 ini tidak jadi masalah bagi kesehatan masyarakat”, terangnya dalam acara Dialog Produktif bertema Vaksin+3M: Jurus Ampuh Lawan COVID-19 yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).  

Pernyataan dr. Syahrial bahwa vaksin merupakan berita baik bagi semua orang, didukung juga oleh Theodorus Jodimarlo, Pengusaha Travel, yang terdampak secara ekonomi sejak pandemi Covid-19.

“Saya menyambut baik dengan adanya vaksin, karena dengan adanya vaksin pastinya ekonomi bisa kembali pulih. Kami khususnya di dunia pariwisata sudah cukup menderita hampir lebih dari 9 bulan lamanya tidak ada pemasukan. Vaksin jadi angin segar bagi kami karena industri pariwisata yang paling pertama terdampak, dan yang paling terakhir sembuh” ucapnya.

Dari sisi kesehatan masyarakat Syahrizal mengatakan, vaksin sebetulnya adalah intervensi kesehatan terbaik di abad ke-20. Jadi dari semua intervensi kesehatan, vaksin ini yang terbukti mampu menurunkan angka kematian dan kesakitan.

Baca Juga: Perbankan akan dibanjiri dana pemerintah tahun depan

"Saya kira perlu untuk meyakinkan masyarakat agar menerima vaksin Covid-19, ini tidak mudah sehingga perlu contoh dari tokoh-tokoh masyarakat”, ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×