kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin Covid-19 akan dipasangi barcode, untuk apa?


Rabu, 02 Desember 2020 / 07:11 WIB
Vaksin Covid-19 akan dipasangi barcode, untuk apa?
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, vaksin Covid-19 nantinya akan ditempelkan barcode. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Covid-19 nantinya akan ditempelkan barcode. Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, barcode tersebut berfungsi untuk pendataan masyarakat yang akan divaksin. 

“Kami sampaikan sejak awal sampai akhir kami juga memastikan di sini ada barcode, data detail siapa yang akan disuntik seperti (data) pemilu. Dalam satu kotak ada nama dan alamat karena suntik dua kali,” ujar Erick dalam webinar, Selasa (1/12/2020). 

Mantan bos Inter Milan itu menambahkan, nantinya kategori vaksin Covid-19 akan terbagi dua yakni vaksin bantuan dari pemerintah dan vaksin mandiri. 

Vaksin bantuan dari pemerintah ditujukan untuk para tenaga kesehatan, TNI/Polri, petugas yang terjun langsung ke lapangan dalam menangani Covid-19 di Indonesia dan masyarakat tak mampu. 

Baca Juga: Evaluasi uji klinis tahap 3 vaksin corona Bio Farma kelar Maret 2021

Sementara itu, untuk vaksin mandiri ditujukan bagi masyarakat mampu. Untuk kategori ini, pemerintah telah menugaskan Kementerian BUMN dalam proses distribusinya. 

“KAMI juga mengajak seluruh komponen swasta di industri kesehatan bahu membahu bekerja sama dengan kami. Karena tentu bagaiman tadi kami berharap dengan tugas 75 juta (dosis vaksin) ini vaksinasi berjalan secepatnya,” kata Erick. 

Baca Juga: Hasil akhir, vaksin Moderna 100% efektif cegah kasus parah Covid-19

Dengan menggandeng pihak swasta, Erick berkeyakinan proses vaksinasi akan memakan waktu sekitar delapan sampai sembilan bulan. “Tapi kuncinya gotong royong, tidak bisa diserahkan hanya kami di kementerian BUMN,” ungkapnya. 

Selain itu, pendiri Mahaka Group itu pun memastikan vaksin Covid-19 yang dipesan pemerintah berkualitas. Sebab, vaksin-vaksin itu sudah terdaftar di WHO. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksin Covid-19 Akan Dipasangi Barcode"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: Pemerintah belum izinkan swasta ikut impor vaksin Covid-19, ini alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×