kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ucapkan selamat Imlek, Wamendag harap sektor kesehatan dan ekonomi segera pulih


Kamis, 11 Februari 2021 / 14:45 WIB
Ucapkan selamat Imlek, Wamendag harap sektor kesehatan dan ekonomi segera pulih
ILUSTRASI. Ucapkan selamat Imlek, Wamendag harap sektor kesehatan dan ekonomi segera pulih


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berharap tahun ini bisa menjadi awal tahun pemulihan bagi sektor kesehatan, ekonomi dan perdagangan Indonesia. Hal itu disampaikan saat Jerry memberikan ucapan Selamat Imlek 2571 kepada seluruh masyarakat khususnya pelaku perdagangan yang merayakan.

Jerry berharap di tahun Kerbau Logam ini semua pihak bekerja keras dan bekerja sama mengatasi tantangan-tantangan terutama berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Saya mengucapkan Selamat Imlek, semoga kita bisa mendapatkan berbagai hasil positif dengan kerja keras mengatasi tantangan baik di bidang kesehatan, ekonomi maupun perdagangan.” Kata Jerry dalam keterangannya, Kamis (11/2).

Menurut Jerry, tantangan di tahun 2021 di bidang perdagangan adalah bagaimana memulihkan kondisi sebagaimana sebelum terjadi pandemi. Kemendag mencatat banyak sektor dan jasa perdagangan terdampak oleh pandemi seperti di industri kuliner, jasa perhotelan, jasa pariwisata dan sebagainya.

Baca Juga: ​Chinese New Year 2021! Inilah beragam inspirasi ucapan Imlek

Perdagangan yang melibatkan UMKM juga tak luput dari pengaruh pandemi. Sebaliknya terjadi pergeseran (shifting) ke produk-produk kesehatan dan layanan dasar dan juga kebugaran.

Pemulihan, menurutnya memerlukan penyesuaian berkaitan dengan isu kesehatan dalam interaksi publik. Kementerian Perdagangan telah menyusun dan mensosialisasikan sejumlah program penyesuaian baik di sektor perdagangan rakyat, perdagangan besar maupun perdagangan antar negara.

Lingkup yang menjadi fokus perubahan adalah sistem birokrasi, perizinan, sampai dengan standar-standar interaksi dan transaksi dalam perdagangan. Dengan penyesuaian-penyesuaian itu, ia optimis bahwa perlahan namun pasti kondisi normal akan segera dicapai.

Untuk tahun ini, Mendag dan Wamendag mengarahkan sumber daya untuk tetap menjamin ketersediaan kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau, khususnya di sektor kebutuhan pokok, kesehatan dan kebutuhan strategis lainnya.

Baca Juga: Pertamina amankan stok LPG di Riau menjelang Imlek




TERBARU

[X]
×