kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TKN: Jawaban Sandiaga soal stunting muter-muter


Senin, 18 Maret 2019 / 15:17 WIB
TKN: Jawaban Sandiaga soal stunting muter-muter


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menilai, penampilan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga tak bisa menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan Ma'ruf sesuai dengan konteksnya. 

Ia menyebutkan, di antaranya soal  stunting dan program sedekah putih yang digagas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

"Apa yang disampaikan Sandi banyak keluar dari konteks dalam menjawab pertanyaan dari Abah Kiai Ma’ruf. Misalnya soal stunting dan sedekah putih. Jawaban Sandi muter-muter dan tidak menguasai persoalan namun mengambil contoh personal yang tidak tepat," ujar Ace melalui keterangan tertulis, Senin (18/3). 

Pada debat ketiga, Ma'ruf menilai, program sedekah putih yang digagas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengacaukan pemahaman masyarakat soal stunting

Sedekah putih, yang mengajak masyarakat berkontribusi menyumbangkan susu dan makanan bergizi lainnya, dianggap Ma'ruf tak relevan untuk mengatasi stunting atau gagal tumbuh. 

Alasan yang disampaikan Ma'ruf, kunci pencegahan stunting adalah 1.000 hari pertama pascaibu hamil. Untuk pencegahan stunting, menurut dia, kuncinya bukan sekadar susu melainkan pemberian asupan yang cukup, sanitasi, dan air bersih hingga pemberian ASI selama dua tahun. 

Menurut dia, jika susu baru diberikan setelah sang anak berusia dua tahun, maka tidak lagi berpengaruh untuk mencegah stunting. 

Menanggapi itu, Sandiaga lantas menceritakan anak bungsunya, Sulaiman, yang lahir saat istrinya berusia 42 tahun. Saat itu, ASI sang istri terhenti saat Sulaiman berusia enam bulan. Padahal, Sandiaga berkeinginan anaknya menyusu hingga usia 2 tahun. 

Menurut Sandiaga, banyak anak lain bernasib seperti Sulaiman yang membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Jika hal ini yang dimaksud, kata Ace, tidak tepat jika Sandiaga menyebut program Sedekah Putih untuk mengatasi stunting

Selain soal stunting, Ace berpendapat, Sandiaga juga tidak memberikan jawaban yang tepat saat menjawab soal dana transfer pendidikan. 

"Jawabannya berputar-putar dan tidak nyambung dengan pertanyaan yang ditanyakan Abah Kiai Ma’ruf," kata Ace. 

Ia juga menyoroti Sandiaga yang kembali mengungkapkan kasus pribadi warga. Menurut Ace, persoalan yang disampaikan Sandiaga sudah diatasi oleh pemerintah. (Jessi Carina)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TKN Soroti Jawaban Sandiaga soal "Stunting" dan Sedekah Putih"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×