kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkait pemindahan ibu kota, pemerintah akan tetapkan badan otorita bulan depan


Senin, 18 November 2019 / 16:38 WIB
Terkait pemindahan ibu kota, pemerintah akan tetapkan badan otorita bulan depan
ILUSTRASI. Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat set


Reporter: Abdul Basith | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan menetapkan badan otorita pemindahan ibu kota negara. Nantinya badan otorita akan melakukan persiapan pemindahan ibu kota negara tersebut. Bada otorita tersebut juga bertanggung jawab pada pembangunan.

"Badan otorita mungkin paling tidak bulan depan (ditentukan)," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa di kompleks istana kepresidenan, Senin (18/11).

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Keluarga Terbaik di Bengkulu

Subarso belum menjelaskan siapa yang akan menjadi kepala badan otorita tersebut. Mengenai penentuan kepala badan otorita, nantinya akan dibahas lebuh lanjut oleh DPR.

Selain persiapan badan otorita, Menteri PPN/Bappenas juga menyiapkan aturan mengenai pemindahan ibu kota. Bahkan Suharso bilang ada sejumlah aturan yang diikutkan dalam omnibus law terkait pemindahan ibu kota.

"Mungkin ada yang menggunakan mekanisme omnibus law, atau mungkin ada yang dengan mekanisme UU biasa atau Perpres, ada sekitar 6 UU (masuk dalam omnibus law)," terang Suharso.

Baca Juga: Siap-siap, harga mobil bakal naik mengikuti kenaikan bea balik nama

Persiapan UU itu akan dilakukan secara paralel dengan persiapan fisik ibu kota negara. Sehingga tahap persiapan bisa dilakukan dengan cepat. Asal tahu saja, sebelumnya juga pemerintah telah melakukan sayembara mengenai desain ibu kota baru. Dari sayembara tersebut artinya akan dipilih dan dilakukan detail desain.

Suharso juga menuturkan saat ini juga tengah dicari berdasarkan desain yang ada untuk lokasi pusat ibu kota negara. Dari luas sekitar 250.000 hektare (ha) tersebut akan ditentukan 40.000 ha menjadi pusat ibu kota negara baru. "Insya Allah groundbreaking mungkin 2020 akhir atau 2021, 2023 sudah dikunci semua (lokasi)," jelas Suharso.

Pemindahan ibu kota baru diungkapkan Suharso masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pembangunan ibu kota baru juga akan dijadikan sebagai ikon. Sehingga nantinya lokasi ibu kota baru juga akan menggunakan teluk sebagai ikon yang menambah keindahan.

Baca Juga: Begini strategi Menteri PUPR mempercepat pengerjaan proyek tahun 2020

Berdasarkan rencana sebelumnya, tahun 2024 mendatang akan mulai pemindahan lokasi ibu kota secara bertahap. Pemerintah pusat menjadi yang pertama kali pindah ke ibu kota baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×