kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tensi dagang AS-Uni Eropa memanas, ini saran bagi pemerintah


Senin, 07 Oktober 2019 / 18:20 WIB
Tensi dagang AS-Uni Eropa memanas, ini saran bagi pemerintah
ILUSTRASI. ilustrasi AS - Uni Eropa


Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri tak kunjung habis. Belum usai perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China, kini negara Paman Sam itu kembali memantik ketegangan dagang dengan Uni Eropa. 

Presiden AS Donald Trump berencana mengenakan tarif sebesar 10% pada pesawat Airbus dan tarif 25% pada produk asal Eropa seperti wine Prancis, wiski, keju, dan lainnya dengan nilai mencapai US$ 7,5 miliar pada produk ekspor negeri Benua Biru tersebut.

Rencana ini bahkan direstui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas kasus pemberian subsidi ilegal pemerintah UE terhadap maskapai Airbus. 

Baca Juga: Perang tarif AS dan UE menekan rupiah yang terbeban penurunan cadangan devisa 

Ekonom Bank Permata Josua Pardede memandang, memanasnya tensi dagang antara AS dan Uni Eropa berpotensi menekan pertumbuhan kawasan Eropa lebih dalam lagi. 

Padahal, kinerja perekonomian dan industri manufaktur negara ekonomi utama Eropa seperti Inggris dan Jerman di paruh pertama tahun ini sudah menunjukkan perlambatan. 

Efek domino perang dagang AS-Uni Eropa tak bisa terhindarkan dari Indonesia. “Sebab Uni Eropa masuk dalam lima besar negara tujuan ekspor kita selama ini. Tekanan perekonomian Eropa pasti berdampak pada kinerja perdagangan eksternal Indonesia yang sejauh ini juga sudah tertekan,” tutur Josua kepada Kontan.co.id, Senin (7/10). 

Asal tahu saja, pertumbuhan ekspor nonmigas Indonesia ke Eropa bahkan sudah turun 17% yoy atau senilai US$ 9,58 miliar sepanjang Januari-Agustus 2019. Sementara impor barang nonmigas dari Eropa juga turun 13,75% dengan nilai US$ 8,27 miliar pada periode yang sama. 

Baca Juga: Trump: Ada peluang sangat baik untuk mengakhiri perang dagang dengan China 

Dengan dinamika hubungan dagang antar negara-negara besar tersebut, Josua khawatir kinerja ekspor Indonesia akan terus mengalami kontraksi sampai akhir tahun. 




TERBARU

[X]
×