kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani tak begitu khawatirkan dampak Brexit ke perekonomian


Minggu, 02 Februari 2020 / 12:25 WIB
Sri Mulyani tak begitu khawatirkan dampak Brexit ke perekonomian


Reporter: Grace Olivia | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inggris telah secara resmi keluar dari Uni Eropa pada Jumat (31/1) malam waktu setempat. Peristiwa yang dikenal dengan sebutan Brexit ini terealisasi pasca melalui proses yang panjang sejak 2017 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai, terealisasinya Brexit tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian Indonesia dalam jangka pendek ini. Alasannya, sentimen dari Brexit cenderung telah diantisipasi para pelaku ekonomi dan pelaku pasar sehingga tidak akan menimbulkan gejolak berarti.

Baca Juga: Kerjasama perdagangan Indonesia-Inggris berpotensi terbuka lebar pasca brexit

“Saya rasa tidak ada dampak yang sifatnya  immediate. Kalau Brexit ini sudah  priced-in karena prosesnya juga sudah lama, hanya pembahasannya saja kemarin mengenai hard-Brexit yang dapat membuat hubungan negosiasi kedua negara tersebut memburuk,” tutur Sri Mulyani, Jumat (31/1).

Kendati begitu, Sri Mulyani dan jajarannya akan tetap mencermati dinamika pasca Brexit dan pengaruhnya terhadap perekonomian. Sebab dalam jangka panjang, proses transisi pemisahan Inggris dari Uni Eropa akan menentukan bagaimana kepentingan ekonomi kedua negara tersebut tetap terjaga ke depannya.

“Tetap harus waspada kalau nantinya ada kesepakatan yang tidak menguntungkan kedua belah pihak. Trafik manusia dan modal pasti akan terpengaruh, apalagi Inggris selama ini menjadi hub dan pusat keuangan Eropa,” ujarnya.

Adapun Sri Mulyani mengaku saat ini dirinya lebih fokus mengamati perkembangan pengaruh wabah virus Korona pada pasar keuangan dan perekonomian.

“Sekarang mungkin kita lebih  konsen ke corona ya, karena dari sisi  magnitude ini besar dan kita juga belum tau pengaruhnya, belum tahu penyebarannya, dan tingkat kematian meningkat cepat. Ini memberikan ketidakpastian,” imbuh Sri Mulyani.

Baca Juga: Bagaimana nasib Liga Inggris pasca Brexit?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×