kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah 372 tahun, besok gerhana matahari cincin api soltis, di mana bisa dilihat?


Sabtu, 20 Juni 2020 / 20:08 WIB
Setelah 372 tahun, besok gerhana matahari cincin api soltis, di mana bisa dilihat?
ILUSTRASI. gerhana matahari cincin


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gerhana matahari akan kembali terjadi besok Minggu, 21 Juni 2020. Gerhana matahari ini sangat spesial, yakni Gerhana Matahari Cincin Api Solstis karena terjadi terakhir kali 372 tahun yang lalu.

Merujuk siaran pers Lapan, disebut Gerhana Matahari Cincin Api Soltis karena bertepatan dengan Solstis Juni 2020. Cincin Api Solstis cukup langka dialami karena terjadi terakhir kali pada 21 Juni 1648. Setelah besok, Gerhana Matahari Cincin Api Soltis akan terulang lagi pada 21 Juni 2039 atau 19 tahun dari sekarang.

Hanya saja, fenomena Gerhana Matahari Cincin Api Soltis tidak bisa diamati dari Indonesia. Di Indonesia, hanya akan terjadi Gerhana Matahari Sebagian di Sumatera dan Kalimatan.

Baca juga: Dirut Garuda Indonesia iri dengan Singapore Airlines, kenapa?

Gerhana Matahari adalah peristiwa dimana matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, dan bayangan bulan jatuh pada permukaan bumi. Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika piringan bulan nampak sedikit lebih kecil dibandingkan piringan matahari ketika melintasi piringan matahari. Hal ini karena ujung bayangan gelap (umbra) bulan tidak jatuh di permukaan bumi sehingga terbentuk perpanjangan bayangan bulan yang disebut antumbra.

Antumbra inilah yang jatuh ke permukaan Bumi sehingga wilayah yang terkena antumbra akan mengalami gerhana Matahari cincin. Sedangkan wilayah di permukaan Bumi yang terkena bayangan semu (penumbra) Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian.

Sedangkan, Solstis Utara (Northern Solstice) atau Solstis Juni (June Solstice) adalah waktu ketika matahari berada pada titik balik matahari (Solstis) Utara. Pada saat inilah matahari berada pada posisi paling utara terhadap khatulistiwa langit ketika tengah hari sebelum akhirnya berbalik ke arah selatan.

Solstis Utara menjadi penanda awal musim panas di belahan bumi utara dan awal musim dingin di belahan bumi selatan secara astronomis. Solstis Utara tahun ini bertepatan pada tanggal 21 Juni 2020 pukul 04.43 Waktu Indonesia Barat.

Wilayah yang dilalui jalur Gerhana Matahari Cincin Api Solstisantara lain:

Kongo bagian Utara, Republik Demokratik Kongo (dahulu dikenal sebagai Zaire) bagian Barat Laut, Sudan Selatan, Ethiopia bagian Utara, Eritrea, Yaman, sebagian Arab Saudi bagian Timur, Oman, Pakistan bagian Selatan, India bagian Utara, Daerah Otonomi Tibet, Tiongkok bagian Selatan (Sichuan, Guizhou, Hunan, Jiangxi dan Fujian/Hokkien), Tiongkok Taipei (dahulu dikenal sebagai Taiwan) dan berakhir di Kepulauan Guam.




TERBARU

[X]
×