kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seleksi CPNS dan PPPK bakal segera dibuka, ini persiapan BKN


Rabu, 03 Maret 2021 / 07:43 WIB
Seleksi CPNS dan PPPK bakal segera dibuka, ini persiapan BKN
ILUSTRASI. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 bakal segera dibuka. Surya/Ahmad Zaimul Haq


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 bakal segera dibuka. Terkait hal tersebut, Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) mulai menyiapkan infrastruktur untuk pelaksanaannya.

“BKN bersama Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan CASN 2021, khususnya dari aspek infrastruktur dan skema penyelenggaraan seleksi,” ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (3/3/2021). 

Lebih lanjut kata dia, BKN sebagai Ketua Pelaksana Panselnas akan berkerja sama dengan beberapa kementerian/lembaga untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pendaftaran sampai dengan penyelenggaraan seleksi ASN. 

Sebelum pada tahap pengumuman, Panselnas akan memastikan jadwal pelaksanaan seleksi ASN ini secara mendetail terlebih dahulu. Setelah itu, Panselnas akan berkoordinasi dengan seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah yang mengajukan usulan formasi ke Kementerian PANRB. 

Baca Juga: Bersiap! Formasi CPNS 2021 diumumkan bulan ini, cek syarat dan tahapan seleksinya

"Pelaksanaan seleksi ASN ini akan berlangsung sepanjang tahun 2021, mulai dari seleksi PPPK, CPNS, dan Sekolah Kedinasan," kata Suharmen. 

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Deputi SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko menguraikan komposisi rencana kebutuhan ASN 2021 di masing-masing lingkup instansi pemerintah pusat dan daerah. 

Rekrutan guru menjadi formasi terbanyak dalam penetapan kebutuhan ASN tahun ini. Dengan kebutuhan sebanyak 1 juta guru yang akan direkrut melalui jalur seleksi PPPK. 

Baca Juga: Pemerintah pusat butuh 83.000 CPNS dan PPPK, ini persentasenya

"Diikuti formasi tenaga lesehatan dengan komposisi terbanyak kedua dan dilanjutkan dengan jabatan fungsional teknis lainnya," ujarnya. 

Selain itu, Panselnas akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memastikan sejumlah persiapan seleksi ASN 2021. Mulai dari aspek pengawasan sampai dengan kematangan pelaksanaan yang masih disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.  

Tak lama lagi pemerintah akan mengumumkan formasi penerimaan pegawai pemerintahan melalui seleksi CPNS dan PPPK pada Maret 2021 . Adapun total calon pegawai pemerintah yang dibutuhkan sebanyak 1,3 juta orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka, BKN Matangkan Persiapan"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: ​Ingin daftar CPNS 2021? Ini beda CPNS, PNS, dan PPPK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×