kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Uno pastikan tindak tegas turis asing yang langgar protokol kesehatan


Jumat, 26 Februari 2021 / 18:56 WIB
Sandiaga Uno pastikan tindak tegas turis asing yang langgar protokol kesehatan
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) berdiskusi dengan pengelola kawasan wisata di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Kamis (11/2/2021).


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan akan menindak tegas wisatawan mancanegara yang melanggar protokol kesehatan di Bali.

Hal ini disampaikannya pada para duta besar negara asing yang hadir dalam pertemuan yang digelar secara virtual bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Kamis (25/2). 

"Kami sampaikan kepada para Dubes bahwa kita akan menindak tegas sesuai dengan peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku mengenai 3 M. Kita akan terus mensosialisasikan, setelah kita sosialisasikan kita kick off hari ini sampai 4 Maret 2021, setelah itu kita mulai melakukan monitoring dan evaluasi melibatkan pihak Keimigrasian, Satpol PP, TNI dan Polri," jelas Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2).

Menurut Sandiaga, bila ditemukan pelanggaran kembali, sanksi akan dibebankan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali hingga mendeportasi wisatawan mancanegara. 

Baca Juga: Bertemu Sandiaga, Menaker akan tingkatkan kompetensi SDM bidang pariwisata dan ekraf

"Nah jika ada pelanggaran, kita akan memberikan peringatan pertama sesuai dengan Pergub Bali, namun jika ada turis mancanegara masih terus membandel akan dideportasi," kata Sandiaga.

Bersamaan dengan penegakkan protokol kesehatan, Sandiaga berharap program vaksinasi covid-19 bagi 13.000 pekerja dari parekraf di Bali dapat berjalan mulus. Menurutnya, vaksinasi covid-19 dapat menjadi pilar yang menyempurnakan protokol kesehatan 3M dan 3T.

"Kita berharap bahwa ini akan menambah tingkat keamanan dan kenyamanan dari wisatawan yang hadir di Bali," kata Sandiaga.

Adapun menurut Sandiaga, jumlah kasus Covid-19  di Bali mengalami penurunan yang siginifikan lewat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Meski masih terlalu dini menyimpulkan, Sandiaga mengatakan PPKM sudah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan.

Mengutip hasil analisa google terkait pariwisata Bali, Sandiaga mengatakan Bali sangat populer dari segi google search trend sebagai destinasi teratas di Indonesia. Bali disebut berada di atas Bandung, Yogyakarta dan Lombok dengan jumlah sentimen positif sebesar 65% berdasarkan google search.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan Bali menjadi destinasi wisata yang sangat dinantikan wisatawan mancanegara dari segi program vaksinasi covid-19. Terdapat sejumlah negara asal kunjungan tertinggi berdasarkan minat untuk masuk ke Bali, di antaranya Amerika Serikat, India, Prancis Inggris dan Jerman.

"Kita melihat juga dari kuartal ke kuartal tingkat kepulihan permintaan dan tingkat hunian di hotel mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Tapi kita mesti menggarisbawahi masih dalam kondisi yang memprihatinkan," ujar Sandiaga.

Selanjutnya: Sandiaga Uno siapkan data untuk kredit pemulihan pariwisata dan ekraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×