kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmikan gedung vokasi Undip, Jokowi soroti pengembangan SDM


Rabu, 26 Agustus 2020 / 13:27 WIB
Resmikan gedung vokasi Undip, Jokowi soroti pengembangan SDM
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan gedung vokasi Universitas Dipenogoro (Undip). Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Indonesia.

Salah satunya adalah sebagai upaya untuk keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah. "Kita harus meningkatkan kapasitas SDM kita agar lebih produktif dan kompetitif," ujar Jokowi saat meresmikan gedung vokasi Undip melalui video conference di Istana Bogor, Rabu (26/8).

Jokowi bilang, pendidikan vokasi menempati peran penting dalam upaya pengembangan SDM. Ada kebutuhan-kebutuhan yang dipenuhi oleh pendidikan vokasi.

Baca Juga: Ingat besok Presiden Jokowi bagikan subsidi gaji buruh kecil peserta BP Jamsostek

Salah satunya adalah kemampuan untuk praktik dalam industri di lapangan. Hal itu disampaikan Jokowi tanpa mengesampingkan pentingnya pendidikan tinggi.

"Tapi kita harus akui di luar pendidikan tinggi ada industri yang langsung praktik di lapangan, ada ekosistem kewirausahaan, ada research and development, dan ini adalah pendidikan yang baik bagi generasi muda kita apalagi dalam pendidikan vokasional," terang Jokowi.

Pengembangan SDM tersebut bertujuan agar masyarakat Indonesia memiliki potensi terserap oleh pasar tenaga kerja. Pasalnya saat bonus demografi mendatang harus diciptakan peluang kerja yang luas.

Asal tahu saja, saat ini Pemerintah telah mencanangkan program kampus merdeka. Dimana mahasiswa dapat melakukan magang langsung di industri selama satu semester.

Baca Juga: Jokowi akan rombak tata niaga yang untungkan pemburu rente

"Mahasiswa diberi akses dan didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja, yang bisa memberikan pengetahuan, yang bisa memberikan keterampilan baru yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan industri," jelas Jokowi.

Gedung vokasi Undip pun merupakan bentuk dukungan industri terhadap pengembangan SDM. Gedung tersebut merupakan hibah dari Astra dan Sinarmas.

"Saya menyambut baik bantuan dari grup Sinarmas dan Astra kepada Universitas Diponegoro dalam bentuk gedung yang bagus yang kita lihat dan infrastruktur pendukungnya untuk pendidikan vokasi di Undip," ungkap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×