kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Refly Harun dicopot, Menteri Rini akhirnya angkat bicara soal alasannya


Jumat, 07 September 2018 / 16:50 WIB
Refly Harun dicopot, Menteri Rini akhirnya angkat bicara soal alasannya
ILUSTRASI. Meneg BUMN Meninjau Pembangunan Dermaga Eksekutif Merak


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan, pencopotan Refly Harun sebagai Komisaris Utama PT Jasa Marga bukan karena Refly mengkritik pemerintah. Hal itu disampaikannya di Kompleks Istana Bogor, Jumat (7/9).

"Enggak ada begitu. Kalau sering mengkritik, dari dulu juga terus-terusan. Lalu kenapa baru sekarang (dicopot)," ujar Rini.

Lalu, apa alasannya? Menurut Rini, Refly dicopot murni karena alasan perputaran. "Alasannya ya, perputaran saja. Biasa kita melakukan perputaran, begitu kok," ujar Rini.

Setelah dicopot dari Komisaris Utama PT Jasa Marga, Refly mendapatkan jabatan baru sebagai komisaris di Pelindo I. "Dia sudah di Pelindo I. Memang kita juga butuh orang hukum karena ada aktivitas di Sumatera yang membutuhkan itu," ujar Rini.

Refly dicopot

Sebelumnya diberitakan, pakar hukum tata negara Refly Harun dicopot dari posisi Komisaris Utama PT Jasa Marga. Pencopotan Refly Harun dari Komisaris Utama Jasa Marga dilakukan usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Jasa Marga, Rabu (5/9), di Hotel Bidakara, Jakarta.

Refly Harun mengaku tidak tahu apakah pencopotannya dari posisi Komisaris Utama PT Jasa Marga ini terkait sikapnya sebagai akademisi yang terkadang kerap mengkritik pemerintahan Jokowi.

Ia hanya diberitahu oleh jajaran direksi bahwa pencopotannya tersebut karena ada sosok lain yang harus masuk, yakni Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2014-2017 Sapto Amal Damandari.

"Saya hanya diberikan alasan ada orang yang akan mengisi jabatan itu, mantan Wakil Ketua BPK. Sisanya saya tidak tahu," kata Refly kepada Kompas.com, Kamis (6/9). (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Menteri BUMN Rini Soemarno soal Alasan Pencopotan Refly Harun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×