kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,79   -11,72   -1.25%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja dan Ratu Belanda serahkan keris Pangeran Diponegoro ke Presiden Jokowi


Selasa, 10 Maret 2020 / 16:17 WIB
Raja dan Ratu Belanda serahkan keris Pangeran Diponegoro ke Presiden Jokowi
ILUSTRASI. Presiden dan Raja Ratu Belanda nampak memperhatikan keris Pangeran Diponegoro yang telah diserahkan Belanda sebelumnya melalui Dubes Indonesia di Belanda pada tanggal 3 Maret 2020 yang lalu


Reporter: Abdul Basith | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Ada momentum bersejarah dalam kunjungan Raja Kerajaan Belanda, Willem- Alexander beserta Ratu Maxima, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Pada kunjungan itu Raja dan Ratu Belanda secara resmi menyerahkan benda bersejarah yaitu keris yang pernah dipergunakan oleh Pangeran Diponegoro, kepada Pemerintah Indonesia.

Benda bersejarah keris Pengeran Diponegoro ini sebelumnya memang telah diserahkan oleh Belanda melalui Duta Besar Indonesia di Belanda pada tanggal 3 Maret 2020 silam.

Baca Juga: Belanda boyong 110 perusahaan dalam kunjungan ke Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menceritakan, upaya pengembalian benda bersejarah keris Pengeran Diponegoro itu yang pernah disandang oleh Pangeran Diponegoro sebenernya prosesnya sudah cukup panjang dan lama. 

"Jadi prosesnya tentunya kami melakukan penelitian bersama untuk betul-betul memastikan bahwa keris ini adalah milik Pangeran Diponegoro," kata Retno Marsudi. 

Baca Juga: Sambut Raja Belanda, Jokowi ajak perkuat hubungan kedua negara

Setelah itu beberapa minggu lalu sebelum kunjungan Raja dan Ratu Belanda, Indonesia juga mengirimkan tim di mana di dalamnya terdapat Direktur Jenderal Kebudayaan karena Kementerian Luar Negeri berkonsultasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai benda bersejarah keris Pengeran Diponegoro . 

Kemudian Menteri Pendidikan mengutus Dirjen Kebudayaan bersama ahli dari Indonesia untuk melakukan pengecekan keaslian keris Pengeran Diponegoro . Karena dari pihak Belanda juga sudah mendatangkan tim beberapa orang untuk melihat keaslian keris Pengeran Diponegoro tersebut.

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mengkonfirmasi keris Pangeran Diponegoro yang dipamerkan di Istana Bogor. Bahkan Pramono mengunggah foto keris Pangeran Diponegoro tersebut melalui akun instagramnya.


"Dengan datangnya tim dari indoensia maka sudah dikonfirmasikan keris tersebut adalah keris Pangeran Diponegoro dan kemudian dikembalikan ke Indonesia," kata Menlu.

Baca Juga: BKPM sebut Belanda siap serbu investasi di Indonesia

Selanjutnya pemerintah Indonesia akan menyimpan dengan baik benda bersejarah keris Pengeran Diponegoro tersebut di museum. "Tapi itu nanti apa namanya, Pak Dirjen Kebudayaan yang akan lebih detail mengenai barang itu akan ditaruh di mana,"katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×