kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi meresmikan tol Trans-Sumatera sepanjang 189 km


Jumat, 15 November 2019 / 15:33 WIB
Presiden Jokowi meresmikan tol Trans-Sumatera sepanjang 189 km
Presiden Joko Widodo menekan sirine peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 kilometer (km).

Ruas tol tersebut merupakan bagian dari tol Trans-Sumatra. Hadirnya tol tersebut diharapkan dapat mendongkrak perekonomian daerah dengan terciptanya titik ekonomi baru.

Baca Juga: Anies hadiri Kongres Nasdem, pengamat: Latihan panggung untuk pilpres 2024

"Apa artinya jalan tol ini. Artinya satu, penciptaan titik titik ekonomi baru," ujar Jokowi saat meresmikan ruas tol, Jumat (15/11).

Selain itu, jalan tol juga digunakan sebagai jaringan logistik yang akan menjadi fasilitas bagi sentra produksi yang ada di sekitarnya.

Di kawasan Sumatra sendiri terdapat sejumlah perkebunan kelapa sawit dan karet yang membutuhkan fasilitas logistik. Adanya jalan tol dinilai akan memudahkan kebutuhan logistik tersebut.

"Yang kadang kadang rakyat tidak merasakan, dampak pembuatan tol yaitu penciptaan lapangan kerja," terang Jokowi.

Baca Juga: Benamkan investasi US$ 239 juta, Pertamina survei seismik 2D terbesar di Asia Pacifik

Nantinya ruas tersebut diharapkan terhubung dengan ruas tol Palembang dan Banyu Asin. Lalu di akhir nanti Trans-Sumatera akan menghubungkan Lampung hingga Aceh.

Total panjang tersebut mencapai angka 2.400 km. Ditargetkan pembangunan tol Trans-Sumatra akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengungkapkan setelah diresmikan ruas tol tersebut dapat langsung digunakan masyarakat. Seperti Jokowi, Bintang juga berharap ruas tol yang barundiresmikan dapat mendongkrak ekonomi.

"Khususnya pada industri kelapa sawit dan karet yang tersebar di sepanjang jalur ruas tol ini," ungkap Bintang dalam keterangan resmi.

Baca Juga: Pertamina Power-Marubeni retak, seperti ini progres proyek listrik di Bangladesh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×