kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polisi pastikan hak Rizieq Shihab terpenuhi


Sabtu, 12 Desember 2020 / 16:57 WIB
Polisi pastikan hak Rizieq Shihab terpenuhi
Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020).


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polisi memastikan hak-hak pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang diperiksa oleh Polda Metro Jaya Sabtu (12/12/2020) sudah dipenuhi. 

"Intinya hak-haknya tadi sudah diberikan dia makan minum salat sudah kita berikan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, ketika dihubungi Sabtu. 

Yusri menjelaskan bahwa makanan, minuman, serta waktu untuk melaksanakan sholat dzuhur sudah diberikan kepada Rizieq. "Sholat dzuhur sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan, makanan minuman juga sudah disiapkan," jelas Yusri. 

Yusri menjelaskan bahwa hingga kini Rizieq masih menjalani pemeriksaan. Ia didampingi oleh pengacaranya selama proses pemeriksaan ini. Sebelum diperiksa pun, Rizieq telah menjalani tes swab antigen dan mendapatkan hasil negatif. Tes dilaksanakan oleh tim kesehatan kepolisian. Adapun, Rizieq tiba di Gedung Direskrimum Polda Metro Jaya, pada Sabtu pagi, sekitar pukul 10.24 WIB. 

Rizieq menyatakan pihaknya akan mengikuti pemeriksaan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. "Hari ini dengan izin Allah SWT saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Rizieq ketika tiba di Polda Metro Jaya, Sabtu. 

Ia kemudian menyatakan bahwa selama ini dirinya selalu berada di kediaman miliknya dan tak pernah pergi kemana-mama. Rizieq mengaku hanya pernah pergi ke Petamburan yang merupakan lokasi markas FPI, serta ke kediaman anak dan cucunya di Sentul. 

"Saya selalu ada di Pesantren Algokultrual Markas Syariat, saya tidak pernah kemana-mana. Itu tempat tinggal saya, sekali-sekali saya turun ke Petamburan, saya turun ke Sentul untuk menengok anak dan cucu," ujar Rizieq Sabtu. 

Baca Juga: Polisi sebut Rizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya karena takut ditangkap

Sebelumnya, Rizieq sempat menyatakan akan hadir ke Polda Metro Jaya melalui video yang dkunggah di akin Youtube Front TV, Sabtu dini hari. "Insyaallah, besok (hari ini), Sabtu tanggal 12 Desember 2020, di pagi hari, saya bersama pengacara akan datang ke Polda Metro Jaya," kata Rizieq. 

Dalam video itu, Rizieq juga menegaskan bahwa selama ini ia tidak menghindar atau pun lari dari polisi. Rizieq belum pernah memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada tanggal satu maupun tujuh Desember lalu terkait kasus kerumunan di Petamburan pada 14 November 2020. 

Dalam video tersebut, Rizieq mengaku tak hadir karena alasan kesehatan. Namun, Rizieq merasa ia tidak mangkir karena sudah mengirimkan pengacaranya ke Polda Metro Jaya. Diberitakan sebelumnya, Rizieq Shihab beserta lima orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. 

"Dari hasil gelar perkara menyimpulkan, ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka. Yang pertama sebagai penyelenggara Saudara MRS sendiri. Disangkakan Pasal 160 dan 216 (KUHP)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (10/12/2020). 

Selain Rizieq, lima orang lainnya yang ditetapkan jadi tersangka, yakni Ketua Panitia Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq berinisial HU, Sekretaris Panitia berinisial A, dan penanggung jawab bidang keamanan, MS. Kemudian, penanggung jawab acara, SL; dan kepala seksi acara, HI. "Enam orang ini kami tingkatkan dari saksi sebagai tersangka," kata Yusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Periksa Rizieq Shihab Hari Ini, Polisi Pastikan Hak Tersangka Terpenuhi"

Selanjutnya: Pemimpin FPI Rizieq Shihab penuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×