kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesan Mendag agar terhindar resesi: Cintai dan pakailah produk dalam negeri


Senin, 07 Oktober 2019 / 05:38 WIB
Pesan Mendag agar terhindar resesi: Cintai dan pakailah produk dalam negeri
ILUSTRASI. KULIAH UMUM MENTERI PERDAGANGAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, salah satu cara untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi global dalah dengan memperkuat pasar lokal.

"Cintailah dan pakailah produk dalam negeri. Jadi, domestiknya dulu kita kuatkan," kata Enggar ditemui usai menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Sarinah dan empat e-Commerce untuk pemasaran secara online di Jakarta, Minggu (6/10).

Mendag mengatakan, menjaga daya beli masyarakat dalam mengantisipasi resesi global merupakan hal yang penting, mengingat pasar ekspor diperkirakan akan mengalami gangguan.

Baca Juga: Duh, tiga negara besar dunia diramal akan resesi dalam waktu dekat

Di saat bersamaan sebut dia, yang tidak kalah penting adalah menjaga angka inflasi agar tetap terkendali. "Kalau pertumbuhan ekonomi tinggi namun inflasinya juga tinggi, maka tidak ada artinya. Inflasi kita tekan dan daya beli masyarakat juga kita dorong," ucapnya.

Terkait hal itu menurut Enggar, pemerintah telah menggelar rapat koordinasi persiapan dalam ketersediaan bahan pokok untuk menghadapi akhir tahun, sehingga harga bahan pokok tidak mengalami lonjakan.

"Sebab kalau harga pangan tinggi dan berkontribusi terhadap inflasi, maka daya beli masyarakat akan turun, sehingga konsumsi juga akan turun. Dan perrtumbuhan ekonomi akan terganggu," ujarnya.

Baca Juga: IHSG bergerak stagnan pekan ini, berikut faktor penyebabnya

Selain itu, politisi Partai Nasional Demokrat ini juga menyampaikan pentingnya mencari pasar tujuan ekspor baru, sehingga kinerja ekspor tetap dapat terjaga.

"Di Afrika krisis, Italia krisis, Turki juga demikian, tapi mereka tetap membutuhkan barang. Sehingga kita tetap harus datangi. Saya katakan kepada teman-teman, setiap sen setiap dolar kemanapun kita kejar. Karena kita butuh devisa," kata Enggar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Resesi, Mendag Bilang Cintai dan Pakailah Produk Dalam Negeri..."

Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×