kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pernyataan Iman Brotoseno selaku Dirut TVRI yang baru


Rabu, 27 Mei 2020 / 22:25 WIB
Pernyataan Iman Brotoseno selaku Dirut TVRI yang baru
ILUSTRASI. Sutradara Iman Brotoseno ditetapkan sebagai Direktur Utama Pengganti Antarwaktu LPP TVRI periode 2020-2022 pada Selasa (26/5/2020).


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sutradara Iman Brotoseno ditetapkan sebagai Direktur Utama Pengganti Antarwaktu LPP TVRI periode 2020-2022 pada Selasa (26/5/2020).

Iman Brotoseno menggantikan Helmy Yahya yang diberhentikan oleh Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI lewat sebuah surat keputusan pada 16 Januari 2020.

Baca Juga: Dewas tunjuk Iman Brotoseno jadi Dirut PAW TVRI, ini respons Helmy Yahya

Atas keputusan tersebut, Iman Brotoseno menyampaikan deklarasinya selaku Dirut TVRI. Berikut pernyataannya resminya yang diterima, Rabu (27/5):

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om Swastiastu, Namo

Buddhaya, Salam Kebajikan.

Puji syukur kehadirat Allah allah subhanahu wa ta'ala atas ridho dan karunianya sehingga saya dilantik sebagai Direktur utama LPP TVRI ( PAW ) 2020 – 2022.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pengawas yang telah mempercayakan saya untuk menjadi salah satu pimpinan TVRI. Insya Allah saya akan mengemban tanggungjawab ini.

Mari bersama sama membangun TVRI agar menjadi kebanggaan di usia TVRI menjelang 58 tahun. Tentu banyak masalah tapi saya percaya bersama dengan teman teman TVRI di seluruh Indonesia kita bisa melaluinya.

Saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid 19 yang terjadi secara global, sehingga TVRI harus kerja keras memberikan informasi terbaik kepada publik. TVRI harus menjadi salah satu garda terdepan bersama dengan berbagai pihak sampai pandemi ini berakhir.

Banyak permasalahan klasik LPP TVRI saat ini yang dianggap sulit untuk bersaing dalam menjangkau audiens yang terus bergerak sesuai perkembangan jaman.

Memang sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang saat sebagian besar bersumber pada anggaran negara memang tidak harus bersaing dengan TV Swasta. Tetapi dalam praktek kita harus untuk memastikan program TVRI sampai ke masyarakat dan mendapatkan awareness public.

Bagi negara berkembang, penyiaran publik bisa menjadi alat untuk mempercepat akses masyarakat terhadap pendidikan dan budaya, mengembangkan ilmu pengetahuan, serta memperlancar interaksi antara warga.

Keterlibatan publik dengan tingkat yang lebih luas dari sekedar akses tapi juga terlibat dalam proses produksi dan juga dalam pengelolaan dan perencanaan sistem komunikasi.

Sehingga saya akan menekan Partisipasi publik ini yang menjadi ciri utama serta membedakannya dari jenis lembaga penyiaran yang lain, yakni partispasi dalam penyelenggaraan siaran serta partisipasi dalam pengelolaan organisasi media.

Ini yang membuat saya harus menyatakan bahwa sebagai pejabat publik saya akan independent dan imparsial. Dengan kata lain netral dan tidak berpihak, begitu saya mengucapkan sumpah jabatan.

Sehingga sebagai bagian dari partisipasi publik, maka ada keterlibatan termasuk pengawasan dari publik tentang bagaimana saya menjalankan organisasi media penyiaran publik ini.

Dalam era digital sekarang kita semua tidak akan bisa menutupi siapa diri kita dan sejak awal saya tidak pernah berbohong kepada publik, dimana semua bisa dilihat dalam jejak digital. Namun percayalah saya mengikuti semua proses rekrutmen yang berat ini selama untuk kepentingan bangsa, kepentingan publik bukan politik apalagi kelompok.

Dalam Lembaga penyiaran publik, masyarakat sipil dan demokrasi merupakan konsep yang terkait satu dengan yang lain. Keberadaan penyiaran publik didorong oleh filosofi yang menganggap khalayak sebagai active citizen, yang secara ideal akan memberikan ruang publik yang memungkinkan warga berdiskusi bersama secara rasional tentang kehidupan publik tanpa intervensi dari negara dan pasar demi membangun konsensus bersama.

Sekali lagi saya mengajak semua pihak terutama seluruh karyawan TVRI, agar kita membuktikan mampu bekerja dengan team work, professional, independen dan berpihak kepada publik.

Jabatan ini merupakan amanah yang berat namun dengan arahan Dewan Pengawas dan dukungan tidak hanya stake holder seperti Kepala stasiun, karyawan, SPI, Litbang, Diklat, tapi juga DPR, Kementrian / Lembaga, akademisi, komunitas, korporasi dan pemangku kepentingan lainnya.

Saya percaya kita bersama sama akan mewujudkan mimpi kita bersama, yakni menjadikan LPP TVRI menjadi TV Publik yang berintegritas, dipercaya sekaligus menjadi worldclass broadcaster.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jakarta 27 Mei 2020

Iman Brotoseno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×