kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi minta para pemuda untuk bersatu


Minggu, 28 Oktober 2018 / 11:00 WIB
Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi minta para pemuda untuk bersatu
Presiden Jokowi melepas Kirab Santri di alun-alun Sidoarjo


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengingatkan bagi para pemuda Indonesia untuk terus bergandengan tangan, bersatu, untuk menggerakkan Indonesia. Hal itu ia sampaikan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Minggu (28/10).

Ia juga mengingatkan kembali soal ikrar yang diucapkan para pemuda Indonesia tepat 90 tahun yang lalu. Saat itu, para pemuda menegaskan semangat terhadap cita-cita Indonesia yang merdeka.

Ikrar tersebut menjadi tonggak awal bagi pergerakan kemerdekaan Indonesia di masa mendatang. "Bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Berbahasa satu, bahasa Indonesia. Itu yang selalu kita ingatkan," kata Presiden di Pendopo Kabupaten Sidoarjo pada Minggu, 28 Oktober 2018.

Presiden berharap agar semangat para pemuda itu terus tertanam di jiwa para pemuda Indonesia masa kini. Maka itu, Jokowi mengajak para pemuda untuk bergandeng tangan memajukan Indonesia dengan semangat yang sama seperti para pemuda yang berikrar dalam Kongres Pemuda II tahun 1928 lampau.

"Kita, utamanya para pemuda, harus bergandengan tangan, bersatu, untuk menggerakkan Indonesia sekarang maupun yang akan datang. Karena di tangan pemuda lah negara ini akan maju," ucapnya.

Presiden merasa optimistis melihat gerak dan kreativitas para pemuda Indonesia. Ia menyebut bahwa mereka nantinya mampu membawa negara ini berkompetisi dan memenangkan persaingan.

"Dengan catatan, pembangunan sumber daya manusia itu diberikan prioritas. Digarap secara maksimal sehingga yang namanya bonus demografi di 2020-2030 itu betul-betul memberikan dampak yang signifikan terhadap setiap derap dan gerak pemuda dalam rangka memajukan negara ini, membawa Indonesia maju," imbuhnya.

Terkait semangat pemuda, secara khusus Presiden Joko Widodo juga memberikan dukungan bagi para pemuda Indonesia di Timnas U-19 yang akan berlaga di babak perempat final Piala AFC U-19 melawan Jepang malam ini.

"Pemuda-pemuda U-19 harus optimistis dapat berikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia, rakyat Indonesia," tandasnya.

Pertandingan yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ini menjadi peluang besar bagi Indonesia. Bila mampu menundukkan Jepang, tim berjuluk Garuda Nusantara ini akan lolos ke semifinal sekaligus merebut tiket putaran final Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan di Polandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×