kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat: Nasdem memiliki kepentingan dengan Anies Baswedan untuk pilpres 2024


Senin, 11 November 2019 / 12:57 WIB
Pengamat: Nasdem memiliki kepentingan dengan Anies Baswedan untuk pilpres 2024
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Kunjungan Anies Baswedan tersebut untuk menghadiri unda


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Kongres II Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jumat (8/11), dinilai sebagai kepentingan Nasdem untuk 2024. 

"Ini yang kemudian bisa menjelaskan, selain kepentingan untuk 2024, maka itu Nasdem seperti sedang ingin memanggil pulang Anies Baswedan yang pernah jadi deklarator," ucap pengamat politik Adi Prayitno kepada Kompas.com, Senin (11/11). 

Baca Juga: Terpilih lagi jadi Ketum Nasdem, Surya Paloh: Saya akan melantik diri saya sendiri

Sebelum jauh melihat potensi Anies dalam Pilpres 2024, menurut Adi, ada maksud tersendiri Nasdem mengundang orang nomor satu di DKI Jakarta hadir dalam kongres ini. Anies bukan figur yang asing di lingkungan Nasdem. 

Sebab, dulu ia terlibat dalam deklarasi Nasional Demokrat, organisasi masyarakat yang dicetuskan oleh Surya Paloh dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ormas yang menjadi cikal bakal Partai Nasdem ini dideklarasikan oleh 45 tokoh nasional, termasuk Anies, di Istora Senayan, Jakarta pada 1 Februari 2010. 

Itu sebabnya, kata Adi, kehadiran Anies dalam kongres di Nasdem pada Jumat lalu bisa jadi bertujuan mengembalikan dan mengajak Anies untuk bergabung dengan Partai Nasdem. 

Baca Juga: Surya Paloh menegaskan posisi Nasdem di koalisi Jokowi-Ma'ruf

"Dia (Anies) adalah salah satu deklarator Nasdem, gitu. Suka tidak suka, itu yang cukup melekat. Kalau saya sebenarnya Anies ini kalau mau dikaitkan dengan partai politik ya kaitkan ke Nasdem sebab dia adalah deklarator, inisiator Nasdem," ucap Adi. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang untuk memberi sambutan sekaligus membuka kongres.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, Anies diundang selaku Gubernur DKI Jakarta dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres dari Sabang sampai Merauke. 

Baca Juga: Anies di pembukaan Kongres Nasdem, Jokowi di penutupan

Anies juga diundang dalam kongres karena ia "orang dalam" yang tidak asing untuk Nasdem. "Anies itu pembaca manifesto Nasional Demokrat (saat Nasdem masih menjadi ormas). Anies bukan orang asing, anies itu orang dalam di Nasdem," kata dia. (Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasdem Memanggil Pulang Anies Baswedan untuk 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×