kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan ke Arab Saudi dihentikan sementara mulai Jumat (28/2)


Kamis, 27 Februari 2020 / 22:45 WIB
Penerbangan ke Arab Saudi dihentikan sementara mulai Jumat (28/2)
ILUSTRASI. Calon jamaah umrah asal Metro Bandar Lampung meninggalkan bandara untuk kembali ke rumah masing-masing usai mengetahui adanya pembatalan penerbangan dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperingatkan kepada seluruh maskapai di Indonesia, mulai esok, Jumat (28/2), agar tidak melayani sementara penerbangan tujuan Arab Saudi untuk menghormati keputusan dari pihak otoritas Arab Saudi.

"Besok itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi," kata Budi ditemui di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2). Keputusan untuk penghentian sementara penerbangan ke Arab Saudi tersebut sudah diputuskan bersama-sama oleh Menteri Luar Negeri, Menteri Agama, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, Menhub, dan Menko PMK.

"Jadi, saya jelaskan bahwa ada satu keputusan dan keputusan itu bukan dari kami tapi dari Arab Saudi. Dan itu memperhitungkan hal-hal yang diambil risikonya. Oleh karena itu, kami memahami itu," ujarnya.

Baca Juga: Virus corona mengancam Olimpiade Tokyo 2020, Menpora tunggu rekomendasi Kemenkes

Adanya para jamaah umrah yang kini terlantar di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), dirinya langsung menuju ke lokasi kejadian untuk menanganinya tersebut. Pihaknya belum bisa mengumumkan berapa kerugian yang ditaksir akibat keputusan penangguhan visa wisata umrah dari otoritas Arab Saudi.

"Namun demikian, kami akan merapatkan terutama berkaitan para jemaah agar mereka itu tidak tersinggung. Terus kita baru ngomong lagi tentang kerugian dan sebagainya. Kami akan bahas," kata Budi.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengaku maskapainya siap menjemput jemaah umrah asal Indonesia yang saat ini masih berada di Arab Saudi. “Garuda tetap komit bawa pulang (jemaah umrah), jadi kita akan pergi (dengan pesawat) kosong dan bawa pulang (para jemaah),” ujar Irfan di Jakarta, Kamis (27/2).

Baca Juga: Pemerintah kaji kompensasi penerbangan umrah yang batal akibat kebijakan Arab Saudi

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2).  Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2), tak hanya visa umrah, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihaknya juga menyebut bahwa otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir. (Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mulai Besok, Penerbangan ke Arab Saudi Dihentikan Sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×