kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah sudah cairkan dana hingga Rp 2,1 triliun untuk NTB


Senin, 08 Oktober 2018 / 14:28 WIB
Pemerintah sudah cairkan dana hingga Rp 2,1 triliun untuk NTB
ILUSTRASI. DIREKTUR IMF KUNJUNGI KORBAN GEMPA LOMBOK


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah pusat telah mencairkan dana sebesar Rp 2,1 triliun untuk dana kedaruratan dan bantuan perumahanan korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Sri Mulyani, penanganan rumah rusak berat dialokasikan sebesar Rp 50 juta, rumah rusak sedang sebesar Rp 25 juta dan rumah rusak ringan sebesar Rp 10 juta.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengunjungi Lombok bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Managing Director IMF Christine Lagarde Senin (8/10). Kunjungan ini merupakan rangkaian pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018.

Dalam kunjungan ini, pemerintah menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi di Lombok. Bank Indonesia menyerahkan bantuan rehabilitasi bangunan dan sarana-prasarana kepada lima masjid dan dua sekolah di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram. Sementara Menko Kemaritiman menyerahkan sumbangan penanggulangan bencana dan baju seragam untuk dua sekolah dasar di Lombok. 

Managing Director IMF Christine Lagarde menyerahkan bantuan dari manajemen dan staf IMF, yang ingin ikut meringankan beban masyarakat Lombok. Tak hanya kepada Lombok, Manajemen IMF dan staf IMF pun memberikan sumbangan kepada korban di Sulawesi, total sumbangan yang diberikan untuk Lombok dan Sulawesi sebesar Rp 2 miliar.

Sri Mulyani mengatakan, meski Pertemuan Tahunan IMF-World Bank ini digelar, namun pemerintah tetap memberikan perhatian pada situasi di Indonesia. "”Meskipun Indonesia menjadi tuan rumah dari Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, pemerintah pusat terus memberikan perhatian yang sangat penuh bagi seluruh daerah terdampak, baik di Lombok maupun di Palu. Kami akan terus melakukan proses-proses pemulihan,” ujar Sri Mulyani seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (8/10).

Managing Director IMF, Christine Lagarde menambahkan, ia akan meminta uluran tangan seluruh peserta pertemuan untuk memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok dan Palu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×