kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah sodorkan proyek pariwisata Rp 39 T


Rabu, 18 Oktober 2017 / 11:33 WIB
Pemerintah sodorkan proyek pariwisata Rp 39 T


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menawarkan proyek pariwisata di tiga destinasi prioritas; Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), dan Tanjung Kelayang (Bangka Belitung) senilai US$ 2,9 miliar atau setara Rp 31 triliun kepada para investor dalam kegiatan Regional Investment Forum (RIF) yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada 15-17 Oktober 2017.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, ada 8 destinasi pariwisata yang ditawarkan kepada para investor yaitu; 6 destinasi prioritas dan 2 destinasi pariwisata di Sumbar yakni Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang di Kota Padang dan Kawasan Wisata Bahari Pantai Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Thomas, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang tumbuh di level 35-40% atau jauh di atas pertumbuhan investasi nasional yang per tahunnya di level 12-14%. “Porsinya hingga kini masih kecil bila dibandingkan dengan PDB, tapi nanti lama-lama juga akan menjadi besar kalau tumbuh terus secara signifikan,” lanjutnya.

Selain 3 destinasi pariwisata yang siap ditawarkan juga terdapat 5 destinasi pariwisata lainnya yang memiliki prospek sangat positif. “RIF ini memang sebuah forum untuk bekerja, jadi selain proyek-proyek di destinasi yang siap ditawarkan ada lima destinasi lain yang tidak kalah indahnya, tidak kalah cantiknya yang membutuhkan investasi,” jelasnya.

Sementara itu Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan bahwa sektor pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar bagi Indonesia di masa mendatang. “Menyiapkan Atraksi, Amenitas (sarana dan prasarana), dan Aksesibilitas (3A) menjadi prioritas kami. Terutama untuk 10 destinasi prioritas (Danau Toba; Tanjung Kelayang; Tanjung Lesung; Kepulauan Seribu; Candi Borobudur; Bromo Tengger Semeru; Mandalika; Labuan Bajo; Wakatobi; dan Morotai) yang akan dikembangkan sebagai ‘Bali baru’ yang terhampar dari Sumatera Utara (Danau Toba) hingga ke Morotai di Maluku Utara,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (18/10).

Dari data BKPM kontribusi sektor pariwisata menunjukkan tren kenaikan yang positif. Pada tahun 2013 tercatat mencapai US$ 602 juta atau berkontribusi sebesar 1,45% dari total investasi nasional, sedangkan pada Semester I 2017 mencapai US$ 929 juta atau 3,67% dari total investasi nasional. “Artinya, angka kontribusi yang dicapai dari investasi pariwisata bila dibandingkan dengan total investasi nasional kenaikannya mencapai 1,5 kali lipat,” kata Menpar Arief Yahya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan bahwa pihaknya berharap kegiatan RIF berdampak positif bagi perbaikan infrastruktur pariwisata di Sumbar. “Hingga tahun 2016, jumlah hotel di Sumbar sebanyak 374 hotel terdiri 58 hotel bintang dan 316 hotel non-bintang. Ini masih sepertiga dari jumlah hotel di Nusa Tenggara Barat mencapai 900-an atau Bali yang mencapai 2.000 hotel,” jelas Irwan.

Irwan mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar tahun 2016 yang lalu hanya 46.000 wisman atau turun dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 48.000 wisman. “Oleh karena itu, dengan adanya RIF diharapkan jumlah hotel maupun wisman ke Sumbar dapat meningkat,” katanya.

Kegiatan RIF 2017 di Padang merupakan salah satu upaya mengembangkan sektor pariwisata yang pada 2019 mentargetkan 20 juta kunjungan wisman dan 275 juta perjalanan wisnus di Tanah Air dengan perolehan devisa diproyeksikan mencapai Rp 280 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×