kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah berupaya pulihkan perekonomian Sulteng pasca gempa


Kamis, 04 Oktober 2018 / 15:49 WIB
Pemerintah berupaya pulihkan perekonomian Sulteng pasca gempa
ILUSTRASI. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Mapolda Sulteng


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berupaya memulihkan kegiatan ekonomi di Sulawesi Tengah (Sulteng). Setelah bencana gempa-tsunami memporakporandakan segalanya.

Upaya memulihkan ekonomi Sulteng dengan kembali menghidupkan kegiatan perekonomian. "Tugas lain pemerintah adalah bagaimana ekonomi di Sulteng bisa segera berjalan," ujar Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita usai menghadiri pemberian penghargaan bagi petugas Air Traffic Control (ATC) yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulteng, Kamis (4/10).

Agus mengungkapkan butuh koordinasi dari berbagai pihak untuk mengembalikan kondisi Sulteng. Pertama, jaminan keamanan untuk memberikan ketenangan bagi pemilik toko menjalankan aktivitasnya.

Kedua, dukungan infrastruktur seperti pasokan listrik dan bahan bakar minyak (BBM). "Pasokan lainnya seperti listrik dan BBM yang juga jadi pekerjaan rumah kita," terang Agus.

Agus juga menyinggung soal kegiatan pemerintah daerah (Pemda) untuk didorong kembali beroperasi. Agus bilang Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar masyarakat melihat Pemda bekerja sehingga terdapat pola pikir yang positif.

Kemarin Rabu (3/10), Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam kunjungannya ke Palu mengakui masalah distribusi logistik bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya memerlukan perbaikan di sejumlah sisi.

Tim di lapangan diketahui masih belum mampu menjangkau sejumlah lokasi terdampak gempa untuk mendistribusikan bantuan.

Jokowi juga memerintahkan gubernur dan jajarannya untuk mengimbau warga memulai kembali aktivitas perekonomian yang sempat lumpuh. Presiden berharap agar para pemilik toko di lokasi terdampak gempa mau menjalankan kembali aktivitasnya.

“Kita ajak untuk buka dengan jaminan keamanan dari aparat kepolisian dan TNI di titik-titik ekonomi sehingga ekonomi berjalan normal kembali,” pinta Presiden.

Jokowi sekaligus menginstruksikan gubernur, bupati, dan wali kota setempat untuk mengaktifkan kembali pelayanan bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×