kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah akan luncurkan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 pada Mei


Jumat, 26 April 2019 / 14:05 WIB
Pemerintah akan luncurkan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 pada Mei


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan meluncurkan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 pada 14 Mei 2019 di Jakarta. Kerangka Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia merekomendasikan empat strategi utama untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Pertama, penguatan rantai nilai halal tinggi. Kedua, penguatan sektor keuangan syariah, yang rencananya induknya sudah dituangkan dalan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) dan disempurnakan dalam rencana induk ini. Ketiga, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai penggerak utama rantai nilai halal. Keempat, pemanfaatan dan penguatan platform ekonomi digital dalam hal perdagangan (e-commerce, market place) dan keuangan (teknologi finansial) yang diharapkan bisa mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya.

"Sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak, Indonesia menjadi konsumen terbesar produk halal dunia masih belum optimal. Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi syariah melalui industri halal, diharapkan Indonesia mampu memaksimalkan kearifan lokal dalam menangkap peluang global," ujar Menteri Perncanaan Pennbangunan Nasional/Kepala Bappenas sekaligus seketaris Dewan Pengarah KNKS, Bambang Brodjonegoro, di acara Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFEST) seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (26/4).

Target ekonomi syariah pada tataran domestik mencakup peningkatan skala usaha, kemandirian dan kesejahteraan. Sementara pada tingkat internasional, berupa peningkatan pada peringkat Global Islamic Economy Indicator (GIEI).

Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 dibutuhkan untuk menjawab tantangan tersebut, sekaligus menjadi peta jalan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×