kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembatasan aktivitas dongkrak nilai penjualan marketplace pada Mei 2020


Rabu, 01 Juli 2020 / 10:47 WIB
Pembatasan aktivitas dongkrak nilai penjualan marketplace pada Mei 2020
ILUSTRASI. Belanja online. KONTAN/Muradi/2020/05/12


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah turun pada bulan April 2020, Bank Indonesia (BI) mencatat total nilai transaksi empat marketplace terbesar dan 14 marketplace terbesar di Indonesia meningkat pada Mei 2020. 

Menurut data yang diterima Kontan.co.id, total nilai transaksi empat marketplace terbesar pada bulan Mei 2020 sebesar Rp 20,08 triliun atau naik Rp 1,8 triliun dari bulan April 2020 yang sebesar Rp 18,28 triliun. 

Baca Juga: Transaksi Belanja Online Mengungkit Konsumsi Masyarakat Kelas Menengah

Sementara itu, total nilai transaksi 14 marketplace terbesar pada bulan Mei 2020 mencapai Rp 24,07 triliun alias naik Rp 2,51 triliun dari total nilai transaksi bulan April 2020 yang sebesar Rp 21,56 triliun. 

Ekonom Bank Permata Josua Pardede melihat, peningkatan nilai transaksi marketplace disebabkan oleh meningkatnya transaksi online pada bulan tersebut, sehubungan dengan masih berlakunya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh pemerintah. 

"Dengan adanya PSBB, pusat perbelanjaan kebanyakan masih tutup di pusat ibu kota, sehingga masyarakat mengalihkan transaksinya ke saluran e-commerce," kata Josua kepada Kontan.co.id, Selasa (30/6). 

Meski demikian, Josua melihat naiknya transaksi marketplace ini bukan disebabkan oleh peningkatan permintaan. Pasalnya, pada bulan Mei tingkat inflasi inti bergerak di 2,65% yang bahkan lebih lambat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 2,85%. 

Peningkatan nilai transaksi ini menurutnya haya sebagai perubahan pola perilaku konsumen, yaitu perpindahan tempa belanja masyarakat dan bukan dari efek meningkatnya konsumsi meski ada hari raya Idul Fitri pada bulan tersebut. 

Baca Juga: Nilai penjualan marketplace bulan Mei 2020 melejit, ini penyebabnya

Selanjutnya, Josua memperkirakan pertumbuhan nilai penjualan marketplace akan bergerak stabil. Apalagi, dengan mulai dibukanya kembali pusat perbelanjaan pada bulan Juni 2020 sebagai efek pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

"Namun, ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap meningkat, apabila perilaku konsumen kalangan menengah berubah secara permanen (berbelanja lewat online)," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×