kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo III ajak masyarakat penyintas Covid-19 donor plasma konvalesen


Jumat, 22 Januari 2021 / 19:54 WIB
Pelindo III ajak masyarakat penyintas Covid-19 donor plasma konvalesen
ILUSTRASI. Pelindo III ajak penyintas Covid-19 gotong Rryong donor plasma konvalesen


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia III  (Pelindo III) turut mengajak masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Sedikitnya 250 orang penyintas Covid-19 yang berasal dari karyawan Pelindo III Group dan masyarakat Surabaya mendaftarkan diri sebagai calon pendonor.

Kegiatan donor plasma konvalesen diinisiasi oleh Pelindo III sebagai bentuk dukungan atas Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicanangkan pemerintah. Dalam pelaksanaanya, Pelindo III berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Donor Darah (UDD) Kota Surabaya sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan kegiatan donor plasma konvalesen yang diinisiasi oleh Pelindo III merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung pemulihan kesehatan masyarakat. Plasma konvalesen sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Kegiatan donor plasma konvaselen yang digelar selama 2 hari mulai Kamis (21/01) hingga Jumat (22/01) dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Apa yang dilakukan oleh Pelindo III adalah wujud dari tanggungjawab perusahaan sebagai BUMN dengan misi mulia BUMN untuk Indonesia sesuai core values BUMN AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif). Sekaligus wujud loyalitas perusahaan dalam mengemban amanah mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19,” kata Saefudin dalam keterangannya, Jumat (22/01).

Baca Juga: Sebanyak 132.000 tenaga kesehatan telah divaksinasi Covid-19

Lebih lanjut Saefudin menyebut keterlibatan masyarakat menunjukkan hubungan yang harmonis dan menunjukkan semangat gotong royong yang dibangun untuk mendukung pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. Sebelumnya, Pelindo III juga pernah melakukan kegiatan donor plasma konvalesen pada Desember 2020 lalu. Selain kegiatan donor plasma konvalesen, Pelindo III juga mengadakan donor darah yang diikuti oleh 190 orang dan berhasil mengumpulkan sebanyak 144 kantong darah.

“Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada para karyawan dan masyarakat yang mengikuti kegiatan donor plasma konvalesen dengan harapan apa yang kita lakukan hari ini dapat menyelamatkan saudara-saudara kita yang saat ini tengah berjuang untuk sembuh dari Covid-19,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pelindo III merupakan bagian dari rangkaian bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional. Menurutnya Edi, bulan K3 nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diperingati pada masa pandemi Covid-19.

“Kita tidak boleh lengah karena wabah ini masih ada di sekitar kita. Perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu kunci untuk memutus rantai penyebaran. Di lingkungan kerja juga demikian, untuk itu tetap budayakan K3 dan patuhi protokol kesehatan," kata Edi saat ditemui di lokasi acara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kepala PMI UDD Kota Surabaya dr. Budi Arifah menyebut pihaknya setiap hari menerima sedikitnya 100 permintaan plasma konvalesen dari Kota Surabaya dan sekitarnya. Permintaan yang tinggi tersebut tidak sebanding dengan jumlah plasma yang dapat dikumpulkan dari sejumlah penyintas Covid-19 yang berinisiatif melakukan donor plasma. Hal itu tak lepas dari sejumlah persyaratan yang ditentukan dan harus dipenuhi oleh para calon pendonor.

Baca Juga: Kemenko Perekonomian benarkan Airlangga Hartarto sempat positif corona tahun lalu




TERBARU

[X]
×