kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Yasonna akui ada kelalaian petugas mengawal Setya Novanto


Selasa, 18 Juni 2019 / 08:10 WIB
Menteri Yasonna akui ada kelalaian petugas mengawal Setya Novanto


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengakui ada kelalaian dari petugas yang mengawal mantan Ketua DPR RI Setya Novanto saat diberikan izin keluar Lapas untuk berobat ke Rumah Sakit Santoso Bandung, Jumat (14/6).

"Memang ada kelalaian di petugas saya, mengapa diizinkan dia tanpa pengawasan sampai ke bayar bill," kata Yasonna saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6).

Yasonna menilai, seharusnya Setya Novanto menghargai itikad baik dari petugas tersebut yang mengizinkannya untuk menyelesaikan administrasi Rumah Sakit tanpa pengawasan.

"Jadi tidak makan korban sendiri, dia (Setnov) korbankan orang lain lagi, dulu dokter korban lagi kan. Jadi maunya jangan begitulah, kita sebagai orang-orang yang sudah punya pendidikan lihat juga jangan sampai kita mengorbankan orang lain, ini si anak (petugas) kan jadi korban," ujarnya.

Yasonna menduga, Setya Novanto sudah merencanakan hal itu dengan meminta izin membayar tagihan rumah sakit. "Kita tahu belakangan sudah ada mobil menunggu, memang sudah direncanakan tampaknya juga," tutur dia.

Selanjutnya, imbas dari ulah Setya Novanto banyak pihak yang meminta dirinya mundur dari jabatan menteri. Menurut Yasonna, wajar jika ada pihak yang ingin dirinya mundur. "Boleh aja, siapa aja boleh melakukan itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Setya Novanto kedapatan pelesiran di salah satu toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat (14/6) kemarin.

"Setnov diduga telah menyalahgunakan izin berobat. Keberadaan Setnov di salah satu toko bangunan di Padalarang merupakan tindakan melanggar tata tertib lapas/rutan. Petugas pengawal telah diperiksa karena tidak menjalankan tugasnya sesuai standar operasional prosedur," kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Minggu (16/6).

Adapun Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Tejo Herwanto, menuturkan pihaknya melakukan pemeriksaan mendadak pada Jumat malam terhadap Setya Novanto menyusul beredarnya foto-foto mantan ketua DPR itu diduga tengah pelesiran di Kabupaten Bandung Barat.

Foto yang beredar menunjukkan sosok Setnov mengenakan topi dan masker tengah bersama seorang wanita yang diduga istrinya.

"Ini langsung dibuat berita acara pemeriksaan terkait info ini untuk ditindaklanjuti," kata Tejo saat dihubungi, Jumat. Akibat pelesiran itu, Setya Novanto dipindahkan dari lapas Sukamiskin ke rutan Gunung Sindur, Bogor pada Jumat (14/6) pukul 22.30 WIB dan tiba pada Sabtu (15/6). (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkumham Akui Ada Kelalaian Petugas saat Kawal Setya Novanto",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×