kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri PUPR: Persiapan rumahsakit darurat Covid-19 Wisma Atlet rampung 100%


Minggu, 22 Maret 2020 / 14:44 WIB
Menteri PUPR: Persiapan rumahsakit darurat Covid-19 Wisma Atlet rampung 100%
ILUSTRASI. Foto aerial Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19 serta akan menjadi rumah isolasi bagi pasien.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan upaya pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, sebagai tempat perawatan pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 telah rampung.

Menurut Basuki, Wisma Atlet siap beroperasi mulai Senin (23/3) besok. "Ini sudah selesai semuanya termasuk penyemprotannya kemarin sore, seratus persen sudah selesai," kata Basuki dalam konferensi pers di Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (22/3).

Basuki menjelaskan, pihaknya sedikit memodifikasi Wisma Atlet khususnya yang berada di tower 7 lantai 1, 2, dan 3. Lantaran bangunan tersebut akan difungsikan sebagai rumah sakit darurat, pemerintah melengkapinya dengan ruang ICU, radiologi, hingga farmasi.

Baca Juga: Pemerintah pastikan RS darurat penanganan Covid-19 siap beroperasi mulai Senin besok

Dia memastikan, hari ini, seluruh peralatan medis akan dimasukkan ke wisma, dilanjutkan dengan pemasangan alat. Peralatan yang digunakan pun seluruhnya portable karena rumah sakit ini bersifat darurat.

"Ini semua termasuk pengaturan arus orang. Jadi pasien dan petugas tidak boleh berpapasan. Ini semua diatur oleh Kemenkes," ujar Basuki.

Basuki menambahkan, seluruh komponen akan siap pada malam hari ini sehingga gladi resik akan segera digelar. Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan 2.400 kamar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, siap dipakai untuk penanganan Covid-19 mulai Senin (23/3) besok.

Baca Juga: Besok, 2.400 kamar di Wisma Atlet Jakarta siap dipakai untuk pasien corona

"Pada Senin (23/3) pemerintah sudah siap menampung 2.400 pasien di Wisma Atlet Kemayoran, dari 22.200 pasien yang dapat ditampung di 10 tower," kata Fadjroel melalui keterangan tertulis, Minggu (22/3). Selain itu, kata Fadjroel, rumah sakit khusus di Pulau Galang, Pulau Sebaru Kecil, dan sejumlah hotel BUMN dan swasta juga disiapkan untuk menampung pasien Covid-19. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Menteri PUPR: Persiapan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rampung 100 Persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×