kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta setiap daerah kembangkan potensinya


Sabtu, 07 Desember 2019 / 18:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta setiap daerah kembangkan potensinya
ILUSTRASI. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki saat wawancara khusus bersama tim Tribunnews di Kantor Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta setiap daerah untuk fokus dalam mengembangkan produk unggulan daerahnya masing-masing.

Salah satunya adalah Jambi yang diminta mengembangkan produk unggulan di luar yang sudah ada seperti kelapa sawit, batubara, dan karet. Komoditas seperti itu disebutnya rentan bila terjadi perubahan iklim ekonomi global seperti yang terjadi saat ini.

"Saya usulkan, Jambi jangan hanya mengandalkan itu, tapi harus memperkuat produk-produk unggulan lain dari koperasi dan UMKM", jelas Teten saat pada acara Smesco Jambi Tuntas Festival 2019 di Gedung Smesco seperti yang tertuang dalam siaran pers tertulis yang diterima KONTAN pada Sabtu (7/12).

Baca Juga: Tinjau program Mekaar, Jokowi ingatkan nasabah untuk menjaga kepercayaan

Ia menuturkan produk kopi asal Jambi bertajuk Kopi Kerinci yang mulai dikenal pasar dalam maupun luar negeri, bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Jambi.

"Harus kita garap dari sektor hulu hingga hilir, jangan sekadar menjual bahan baku. Saya yakin, masih ada produk unggulan asal Jambi yang bisa dikembangkan agar mendunia", terangnya.

Oleh karena itu, Teten berharap, Pemprov Jambi mulai fokus pada produk unggulan apa yang akan dikembangkan dan diperkuat.

Tak hanya kopi, Teten juga menyebut wisata alam di Jambi, juga bisa menjadi salah satu produk unggulan yang bisa dikembangkan. Terlebih lagi, fenomena generasi milenial saat ini yang suka travelling atau berwisata bisa menjadi potensi.

"Ini bisa dijadikan potensi pasar bagi daerah, karena destinasi wisata pasti akan diikuti sektor lain yaitu kuliner dan cinderamata yang notabene dihasilkan UMKM", kata Teten.

Destinasi wisata dinilai Teten mampu menjadi windows produk unggulan daerah. Tentunya potensi ini harus diambil daerah dengan membuat produk yang berbeda dengan daerah lain.

Hal lain yang ditegaskan ialah mengenai mindset aparat pemerintah juga harus berubah, dimana pemerintah bukan mempersulit lewat regulasi dan birokrasi tapi mempermudah layanan hingga fasilitasi bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Mochtar Riady: Yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan tersingkirkan

Produk unggulan ditekankan Teten yang sudah memiliki demand, berbahan baku lokal, dan memiliki kekhasan khusus sebagai faktor pembeda dengan produk daerah lain.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×