kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,34   -8,02   -0.86%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menlu Retno teruskan anjuran PM Australia agar mahasiswa Indonesia pulang


Rabu, 08 April 2020 / 20:50 WIB
Menlu Retno teruskan anjuran PM Australia agar mahasiswa Indonesia pulang
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengambil gambar dengan ponselnya saat menghadiri acara forum pimred di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Acara tersebut membahas mengenai permasalahan aktual yang terjadi di Indonesia salah satunya terkait virus corona (COV


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meneruskan anjuran Perdana Menteri Australia agar mahasiswa Indonesia yang berada di Australia untuk kembali ke Tanah Air. Anjuran ini berlaku untuk semua warga negara asing di Australia. 

Retno mengatakan, di tengah wabah Covid-19, akan memberatkan secara finansial jika mahasiswa Indonesia tetap berada di luar negeri. 

Baca Juga: Hore, jumlah WNI yang sembuh dari virus corona di luar negeri bertambah jadi 27

"Mereka dianjurkan untuk kembali ke Tanah Air, karena dengan situasi sekarang yang kalau berada di sana mungkin akan memberatkan secara finansial," kata Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I, Selasa (7/4/2020).

Menurut Retno, ada anjuran dari Perdana Menteri Australia Scott Morrison agar warga negara asing (WNA) untuk meninggalkan negaranya, tidak hanya bagi Indonesia, tetapi untuk seluruh turis dan mahasiswa asing.

"Apa yang disampaikan oleh Perdana Menteri Australia adalah bagi mahasiswa asing ini tidak hanya berlaku bagi Indonesia, bagi mahasiswa asing yang sudah tidak dapat men-support dirinya sendiri," ujar dia. 

Baca Juga: Update larangan warga asing masuk Indonesia, demi cegah corona, ini kata Menlu Retno

Ratusan negara di dunia terus melaporkan penambahan kasus infeksi virus corona. Data terbaru per Selasa (7/4/2020) menunjukkan, jumlah infeksi virus corona sebanyak 1,34 juta kasus. Dari jumlah tersebut, 74.565 orang meninggal dunia, dan 276.515 pasien dinyatakan sembuh. 

Hingga kini, jumlah kasus terbanyak tercatat di Amerika Serikat, yaitu sebanyak lebih dari 300.000 kasus, disusul Spanyol, Italia, dan Jerman. Sementara, dari angka kematian, Italia mencatatkan jumlah terbanyak, disusul Spanyol, AS, dan Prancis. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu Retno Teruskan Anjuran PM Australia agar Mahasiswa di Australia Pulang ke Tanah Air",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×