kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkop Teten sindir koperasi di Indonesia berjalan lambat seperti andong


Kamis, 13 Agustus 2020 / 13:58 WIB
Menkop Teten sindir koperasi di Indonesia berjalan lambat seperti andong
ILUSTRASI. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. KONTAN/Baihaki/9/7/2020


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengumpamakan koperasi di Indonesia berjalan lambat seperti andong. Sedangkan, korporasi justru melaju sangat kencang bak kereta cepat.

"Tantangannya sekarang adalah kalau koperasi kita berjalan seperti andong, sementara korporasi berjalan seperti kereta cepat. Kalau seperti ini terus lama-lama bisa habis," tutur Teten dalam webinar bertema 'Masihkah Koperasi Menjadi Andalan?', Kamis (13/8/2020).

Menurutnya, koperasi sebagai soko guru atau tulang punggung perekonomian mendapat antusiasme kecil dari masyarakat.

Baca Juga: Gandeng Kemenkop UKM, Pelni kaji tarif khusus untuk muatan produk UMKM

Teten menyampaikan partisipasi masyarakat Indonesia untuk berkoperasi hanya sebesar 8,41 persen, sementara dalam skala global sebesar 16,31 persen. "Secara global juga masih sangat kecil angka partisipasinya. Di sektor pangan sebesar 51,2, namun kelembagaan ekonomi petani yang berbentuk koperasi masih juga kelihatan kecil," ujarnya.

Teten menyebut koperasi saat ini masih didominasi koperasi simpan pinjam sebanyak 55,9 persen. "Ini artinya koperasi belum banyak bergerak di sektor riil atau sektor riil belum menjadi pilihan usaha dari koperasi," jelas mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut.

Baca Juga: BUMN ikut bantu pendataan penerima bantuan kerja UMKM

Dia mengatakan untuk mendorong koperasi menjadi besar, koperasi harus bergerak dalam satu playing field dengan korporasi. "Koperasi harus menjadi bibit usaha yang menarik untuk investor. Perlu adanya perbaikan manajemen koperasi sehingga orang bisa tertarik untuk menaruh simpanan, berinvestasi, atau bahkan menjadi anggota koperasi," pungkas Teten.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Menkop Sindir Koperasi di Indonesia Berjalan Lambat Seperti Andong"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×