kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkes Terawan: Angka kesembuhan Covid-19 di atas rata-rata dunia


Selasa, 17 November 2020 / 13:34 WIB
Menkes Terawan: Angka kesembuhan Covid-19 di atas rata-rata dunia
ILUSTRASI. Menkes Terawan mengatakan, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Tanah Air lebih tinggi dari rata-rata dunia. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Tanah Air lebih tinggi dari rata-rata dunia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

Menurut data Kemenkes, hingga 16 November 2020, kasus sembuh mencapai 84,2% dengan jumlah kasus aktif 12,72%. Sementara itu, dia mengatakan rata-rata kasus sembuh global yaitu 69,56%. "Kalau kita bandingkan angka kesembuhan di Indonesia 84,02% sedangkan kesembuhan dunia hanya 69,56%," kata Terawan dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Selasa (17/11/2020).

Ia pun menyatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menangani Covid-19. Menurut Terawan, pengetesan, pelacakan, dan penelusuran terus dilakukan pemerintah. Di lain sisi, dia mengingatkan masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. 

"Berbagai upaya telah ditempuh untuk memerangi penyebaran virus ini dan kita harus terus meningkatkan upaya untuk dapat menghambat dan bahkan menghentikan penularan," ucapnya. 

Baca Juga: Pemerintah prioritaskan pengadaan vaksin Covid-19 sampai akhir tahun

Selain itu, dia melaporkan obat-obat untuk merawat pasien Covid-19 telah diadakan dan didistribusikan ke seluruh dinas kesehatan tingkat provinsi dan 792 rumah sakit rujukan. 

Terawan mengatakan, Kemenkes juga menerapkan relaksasi perizinan agar akses terhadap alat kesehatan makin mudah. Mantan direktur utama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto itu memaparkan, hingga 14 November 2020, produsen masker meningkat hingga 796,15 persen yang dari semula hanya 26 industri menjadi 233 industri.

Baca Juga: Dinilai sukses mengendalikan Covid-19, Menkes Terawan diundang WHO jadi pembicara

Kemenkes juga menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan untuk pengembangan potensi dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan alat kesehatan lain, seperti rapid test dan ventilator. 

"Hasilnya sampai 14 November 2020 terdapat 14 produk rapid test dan 13 produk ventilator produksi dalam negeri," tuturnya, "Untuk menjamin produk alkes di peredaran telah dilakukan pengawasan post-market yang meliputi inspeksi sarana dan pengujian produk," kata Terawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Terawan Klaim Angka Kesembuhan Covid-19 RI di Atas Rata-rata Dunia"
Penulis : Tsarina Maharani
Editor : Krisiandi

Selanjutnya: Tunggu izin penggunaan darurat dari BPOM, vaksinasi Covid-19 terancam molor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×