kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masyarakat Bandung juga mendengar suara dentuman misterius, apa kata BMKG?


Rabu, 26 Desember 2018 / 14:39 WIB
Masyarakat Bandung juga mendengar suara dentuman misterius, apa kata BMKG?
ILUSTRASI. AWAN HITAM


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merespons misteri suara dentuman yang terdengar di sejumah daerah di Jawa Barat. Seperti diberitakan media, banyak netizen yang melaporkan suara dentuman misterius itu terdengar di wilayah Bandung, Cianjur, Karawang, Purwakarta.

Namun sampai saat ini Kompas.com sendiri belum menemukan rekaman suara dentuman tersebut seperti apa. Menanggapi informasi tersebut, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, berdasarkan informasi masyarakat di Bandung, suara gemuruh itu terdengar pada 25 Desember 2018 malam, sekitar pukul 23.28 WIB, 23.37 WIB, dan 23.52 WIB.

"Dari analisa alat lightning detector (alat untuk memantau aktivitas petir) milik BMKG yang dioperasikan di Lembang dan dapat memantau seluruh wilayah Jawa Barat, bahwa pada jam tersebut telah terjadi petir di barat dan tenggara wilayah Bandung," katanya, Rabu (26/12).

"Karena saat ini musim hujan dan di wilayah Jawa Barat terdapat kumpulan awan-awan konvektif yang berpotensi memicu gemuruh dan petir serta hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," imbuh Tony.

Tony menegaskan, tanggapan tersebut berdasarkan informasi yang didapatkannya dari masyarakat yang mendengar suara gemuruh dari arah barat pada tanggal 25 Desember 2018 itu. Begitu pun waktu yang dicatat oleh masyarakat itu sendiri.

"Kami hanya mendapat info masyarakat yang tadi malam mendengar suara gemuruh dari arah barat dan masyarakat mencatat jam kejadiannya," katanya.

Namun sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi rekaman dentuman misterius tersebut. "Sampai sekarang tidak ada info dari masyarakat rekaman suaranya seperti apa. Info harus jelas sumber dan isinya. Jangan ditambahi atau dikurangi," pungkasnya.

Toni pun mengirimkan data petir yang tercatat pada alat lightning detector. Diketahui pada data tersebut ada 52 flashes yang berarti dalam 1 hari itu (25 Desember 2018) terjadi 52 kali sambaran petir yang terekam alat tersebut. Dan 99 strokes yang berarti dalam 1 hari telah terjadi 99 kali loncatan muatan listrik di awan yang terekam alam tersebut.

Sebelumnya, dentuman misterius juga terdengar oleh masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Namun hingga kini, baik PVMBG maupun BMKG belum memastikan sumber dentuman tersebut. (Kontributor Bandung, Agie Permadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suara Dentuman Misterius Juga Terdengar di Bandung, Ini Jawaban Ilmiah BMKG"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×