kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kunjungi posko pengungsi gempa Sulbar, Jokowi ingin pastikan bantuan lancar


Selasa, 19 Januari 2021 / 15:20 WIB
Kunjungi posko pengungsi gempa Sulbar, Jokowi ingin pastikan bantuan lancar
Presiden Joko Widodo berada di posko pengungsian yang dipusatkan di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 19 Januari 2021.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi posko pengungsian warga terdampak gempa di Sulawesi Barat, Selasa (19/1).  Posko pengungsian terletak di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju.

Kata Jokowi, kunjungan tersebut ntuk memastikan proses evakuasi dan pemberian bantuan berjalan dengan baik.

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini," ujar Jokowi saat meninjau posko pengungsian, Selasa (19/1).

Baca Juga: BNPB: Sebanyak 84 orang meninggal akibat gempa M6,2 di Sulawesi Barat

Dalam kunjungannya, Jokowi telah melihat kerusakan akibat gempa berkekuatan magintudo 6,2 tersebut. Sejumlah bangunan seperti rumah warga hingga Kantor Gubernur Sulbar mengalami kerusakan.

Bangunan pemerintah yang mengalamai kerusakan akan kembali dibangun. Ini untuk memastikan kegiatan pemerintahan dapat kembali berjalan.

"Tadi saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," terang Jokowi.

Rumah warga yang mengalami kerusakan juga akan mendapat dana bantuan dari pemerintah. Antara lain sebesar Rp 50 juta untum rumah rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan.

Jokowi juga mengucapkan duka cita bagi masyarakat yang terdampak gempa di Sulbar. Termasuk bagi korban meninggal dunia dan yang masih belum ditemukan.

"Saya ingin menyampaikan dukacita mendalam atas korban kurang lebih 80 orang yang meninggal yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," kata Jokowi.

Selanjutnya: Jokowi tinjau Kantor Gubernur Sulbar yang rusak akibat gempa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×