kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korlantas Polri akan fokus jaga pusat keramaian publik pada hari Lebaran


Rabu, 05 Juni 2019 / 07:27 WIB
Korlantas Polri akan fokus jaga pusat keramaian publik pada hari Lebaran


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai fokus pada penjagaan kelancaran lalu lintas di tempat-tempat keramaian, mulai dari masjid hingga pusat perbelanjaaan.

"Kita akan tingkatkan personil lalu lintas pada Hari Raya Idul Fitri di masjid pada pagi hari hingga mal dan pasar yang menjadi tempat keramaian publik," ujar Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri, Kombes (Pol) Bakharuddin Muhammad Syah di kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

Bakharuddin menjelaskan, setelah masyarakat beragama Islam melakukan shalat Id, biasanya mereka akan melanjutkan kegiatannya di pusat-pusat keramaian seperti objek wisata, mal, dan pasar. Maka dari itu, lanjutnya, personil polisi lalu lintas perlu ditingkatkan guna mengantisipasi titik-titik yang memicu kemacetan.

Di sisi lain, Korlantas Polri terus mengimbau masyarakat untuk mengutamakan keselamatan saat berada di pusat keramaian publik. Selain itu, tutur Bakharuddin, personilnya juga bertugas mengamankan dan melancarkan sejumlah titik wisata. Hal itu dilakukan guna mengefektifkan personil yang semula berjaga di sejumlah ruas atau jalur mudik.

"Tentunya untuk H-1 mulai ada pengamanan yang berpindah ya, ada pengurangan dan pergeseran personil ke tempat-tempat wisata," paparnya.

Korlantas Polri, lanjutnya, sudah membuat surat edaran ke seluruh posko pengamanan mudik dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memfokuskan pada kelancaran ruas jalan di tempat wisata.

Bakharuddin menegaskan, pergeseran personil ke area objek wisata dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan. Keselamatan pun diharapkan menjadi prioritas bagi wisatawan dan pemandu wisata.

"Korlantas Polri sudah berkoordinasi dengan polisi polair, satpol PP, Kementerian Perhubungan, dinas pariwisata setempat, dan lainnya untuk berjaga di objek wisata dan tempat rekreasi," ungkapnya kemudian.

Korlantas Polri, seperti diungkapkan Bakharuddin, menekankan kepada seluruh personil untuk mengecek seluruh sarana dan prasarana serta fasilitas umum di lokasi-lokasi wisata. Pengecekan tersebut, tuturnya, dilakukan untuk menjaga keselamatan dari wisatawan.

Kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan adanya korban diharapkan tidak terjadi. "Kita harus cek bahwa lokasi-lokasi wisata itu tingkat keselamatannya tinggi. Jangan sampai ada korban," imbuhnya. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Amankan Arus Mudik, Korlantas Polri Fokus Jaga Pusat Keramaian Publik pada Hari Lebaran"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×