kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komjen Idham Azis calon tunggal Kapolri, fit & propers test di DPR pekan depan


Rabu, 23 Oktober 2019 / 13:26 WIB
Komjen Idham Azis calon tunggal Kapolri, fit & propers test di DPR pekan depan
ILUSTRASI. Komjen Idham Azis


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait nama Komjen Idham Azis yang akan menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

"Sudah masuk (Surpres) ke DPR pagi sampainya pukul 09.00," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Rabu (23/10/2019).

Dasco mengatakan, DPR akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Komjen Idham Azis pada pekan depan. Menurut Dasco, Komisi III akan segera dibentuk dan kemudian melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

"Kan Komisi III baru dibentuk minggu depan, setelah itu ya langsung kami adakan fit and proper test," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri sekaligus mantan Kapolri Tito Karnavian menyebutkan bahwa Kabareskrim Komjen Idham Aziz bakal menjadi penggantinya memimpin Polri. Hal itu disampaikan Tito di sela acara pengumuman dan pelantikan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

"Sudah dikirim (namanya), tanya Setneg," kata Tito kepada wartawan.

Saat ditanya apakah nama yang diajukan sebagai penggantinya ialah Idham Aziz, Tito membenarkan. "Saya dengar begitu," kata Tito. Jenderal (Pol) Purnawirawan Tito Karnavian telah mengundurkan diri dari keanggotaan Kepolisian RI ( Polri).

Pernyataan pengunduran diri tersebut diserahkan ke DPR bersamaan dengan surat Presiden Joko Widodo terkait permintaan pemberhentian Tito sebagai Kapolri.

Penulis: Haryanti Puspa Sari
Editor : Bayu Galih


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPR Terima Surpes Terkait Penunjukan Idham Aziz Jadi Kapolri".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×