kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua MPR Bambang Soesatyo desak pemerintah perkuat armada patroli di Natuna


Selasa, 07 Januari 2020 / 10:53 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo desak pemerintah perkuat armada patroli di Natuna
ILUSTRASI. Sejunlah prajurit TNI saat mengikuti upacara Operasi Siaga Tempur Laut Natuna 2020 di Pelabuhan Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (3/1/2020).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai polemik antara Indonesia dan China di perairan Natuna bakal terus berulang jika pemerintah tak segera mengambil langkah konkret.

Ia meminta pemerintah menambah armada untuk menjaga wilayah perairan Indonesia, khususnya di perairan Natuna.Patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia merupakan tugas Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Baca Juga: Politisi Golkar akui ada peran Jokowi di balik terpilihnya Airlangga jadi ketua umum

"Petualangan China di Laut Natuna Utara akan terus berlanjut atau berulang. Karena itu, penguatan armada penjaga pantai (coast guard) Indonesia di perairan Natuna menjadi sangat relevan," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (7/1/2020).

Bambang mengatakan kejadian serupa sebenarnya pernah terjadi pada 2016. Menurut dia, saat itu kapal-kapal ikan dan coast guard milik China masuk ke perairan Natuna.

"Pada Maret 2016, kapal ikan China juga masuk dengan cara ilegal ke Perairan Natuna. Tujuannya tak lain mencuri ikan. Upaya penangkapan kapal itu oleh TNI juga dihalang-halangi oleh kapal coast guard China," ucapnya.

"Modus yang sama dipraktikan lagi pada Desember 2019," kata Bambang.

Baca Juga: Soal Natuna, Mahfud: Kami enggak mau perang dengan China

Menurutnya, apa yang dilakukan China merupakan upaya pencurian ikan terencana yang melibatkan organ resmi pemerintah China.

"Puluhan kapal ikan China masuk perairan Natuna dikawal pasukan penjaga pantai China plus kapal perang fregat untuk kegiatan IUUF (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing)," ujar Bambang.

"Semacam rencana bersama mencuri ikan yang diketahui dan melibatkan organ resmi pemerintah China," lanjutnya.




TERBARU

[X]
×