kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua KPU minta panelis siapkan lima pertanyaan per tema di debat ketiga


Rabu, 13 Maret 2019 / 16:18 WIB
Ketua KPU minta panelis siapkan lima pertanyaan per tema di debat ketiga


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta kepada tim panelis untuk membuat lima pertanyaan per tema di debat ketiga Pilpres 2019 yang akan digelar Minggu, 17 Maret 2019. 

"Saya minta kepada panelis untuk membuat lima pertanyaan setiap tema," ujar Arief ketika ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (13/3). Arief menambahkan, tim panelis tidak perlu terburu-buru untuk memberikan daftar pertanyaan ke KPU. Hal itu bertujuan agar tidak ada dugaan bocornya daftar pertanyaan ke peserta pemilu. 

"Ya kalau mereka selesaikan sekarang ya maka saya tetap tidak mau diserahkan sekarang. Kalau ada jeda waktu sekian hari, nanti kami dikira membocorkan sana-sini, kami enggak mau. Pokoknya diserahkan nanti jelang hari pelaksanaan," ugkapnya kemudian. 

Sebelumnya, selama tiga hari ke depan sejak kemarin, panelis diberikan waktu untuk menyusun daftar pertanyaan. Pertanyaan debat disusun pasca-panelis bertemu dengan sejumlah ahli yang terkait dengan tema debat ketiga, melalui Focus Group Discussion (FGD). Pertanyaan debat yang nantinya telah disusun akan dirahasiakan oleh panelis. 

Selain panelis dan moderator, tak ada pihak lain yang boleh mengetahui daftar pertanyaan debat, termasuk peserta pemilu, tim kampanye, atau KPU. KPU menetapkan sembilan panelis debat ketiga pilpres yang akan diikuti dua calon wakil presiden, yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. 

Sembilan nama tersebut berasal dari kalangan akademisi, LSM, hingga budayawan. Seluruhnya punya latar belakang yang berkaitan dengan tema debat, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. 

Berikut sembilan nama panelis debat ketiga pilpres: 

1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022. Guru Besar Sosiologi Unhas 
2. Prof. Dr. Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya) 
3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 
4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. KH. Yudian Wahyudi 
5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D 
6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana 
7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah 
8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K) 
9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum 

(Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua KPU Minta Panelis Siapkan 5 Pertanyaan per Tema pada Debat Ketiga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×