kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala BNPB: Almarhum Sutopo pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan


Senin, 08 Juli 2019 / 10:37 WIB
Kepala BNPB: Almarhum Sutopo pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Letjen Doni Monardo menilai, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB Sutopo layak disebut pahlawan kemanusiaan mengingat jasanya dalam mengabarkan informasi akurat mengenai penanganan bencana di Indonesia. 

"Dengan seluruh pengalaman dan kinerja beliau selama menjalankan tugas, pantaslah kalau kita semua sekali lagi menyebut almarhum sebagai pahlawan kemanusiaan," ujar Doni saat membacakan pidato penghormatan di rumah duka, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7), seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com

"(Beliau) bekerja secara ikhlas dan profesional tanpa mengenal waktu, tanpa mengenal lelah, bahkan sampai pada tanpa mengenal rasa sakit yang diderita," kata Doni lagi. 

Ia juga mengatakan, Sutopo tak hanya tampil sebagai humas BNPB, tetapi juga berperan sebagai humas Pemerintah Indonesia terkait bencana. 
Sebab, semua pihak mencari Sutopo begitu terjadi bencana di Indonesia, mulai dari instansi di dalam maupun luar negeri. 

"Dan selalu tampil terdepan memberikan informasi yang up to date tentang perkembangan kejadian dan penanganan bencana, yang sekaligus memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa Negara hadir di tengah masyarakat pada saat bencana," ucap dia. 

Jenazah Sutopo dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran atau berjarak sekitar 500 meter dari rumah duka, Senin (8/7). 

Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB. 

Ia meninggalkan seorang istri bernama Retno Utami Yulianingsih dan dua orang putra, yakni Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho serta Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Kepala BNPB: Pantas Kita Sebut Pak Sutopo Pahlawan Kemanusiaan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×