kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub gelar mudik gratis untuk pemilik motor


Minggu, 21 Mei 2017 / 15:36 WIB
Kemhub gelar mudik gratis untuk pemilik motor


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat mengadakan program mudik gratis untuk mengangkut 8.510 sepeda motor dan 64.900 penumpang pada masa angkutan Lebaran 2017.

"Program mudik gratis ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dengan cara menekan angka kecelakaan di jalan raya. Selain itu juga untuk melayani masyarakat dan mengendalikan jumlah kendaraan di jalan raya yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran," kata Direktur Angkutan dan Multi Moda, Ditjen Perhubungan Darat, Cucu Mulyana, Sabtu (20/5).

Cucu menjelaskan, program mudik gratis ini merupakan salah satu cara Kemhub dalam upaya meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya saat periode angkutan Lebaran. Melalui pengendalian jumlah kendaraan terutama sepeda motor diharapkan angka kecelakaan akan berkurang.

Program mudik gratis ini terdiri dari pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan bus dan pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan kapal penyeberangan.

Dalam program ini, Ditjen Perhubungan Darat menargetkan untuk mengangkut 8.510 sepeda motor dan 64.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh 2 ferry berbobot 5.000 GT tujuan Lampung dan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh 2 ferry tersebut 5.000 dan 10.000 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 30 kota di Jawa Barat Jawa Tengah dan DIY diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta. Sedangkan kota asal arus Balik terdiri dari 8 kota yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Cirebon, Kudus, Semarang,Solo dan Yogyakarta. Untuk moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung.

Terkait waktu pendaftaran, untuk moda jalan, pendaftaran online dan offline telah dimulai pada 18 Mei hingga 16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, Kantor Dishub Tangerang.

Untuk pendaftaran yang menggunakan kapal penyeberangan selain dapat dilakukan melalui daftar online juga dapat dilakukan di kantor pusat PT ASDP Indonesia Ferry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×