kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR selesaikan pembangunan embung Rawasari


Jumat, 03 April 2020 / 10:13 WIB
Kementerian PUPR selesaikan pembangunan embung Rawasari


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Embung Rawasari yang terletak di Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk saat ini embung menjadi solusi terbaik untuk memasok kebutuhan air baku di Tarakan, karena curah hujan cukup tinggi sepanjang tahun. "Setiap tahun curah hujan cukup tinggi, karena Tarakan berhadapan dengan laut lepas," kata Basuki, Jumat (3/4).

Kementerian PUPR menyebutkan, Embung Rawasari ini memiliki luas genangan 3,22 hektar dengan kapasitas tampung 112.000 meter kubik yang dilengkapi jaringan perpipaan sepanjang 4 km, diameter 40 cm dan dilengkapi dua unit pompa sebagai pemenuhan kebutuhan air baku rumah tangga perkotaan dan industri di Kota Tarakan dengan debit pengambilan sebesar 100 liter/detik.

Baca Juga: Kementerian PUPR: Pembangunan fasilitas di Pulau Galang ditargetkan rampung 28 Maret

Basuki mengatakan, Embung Rawasari dikerjakan dalam tiga tahap. Pekerjaan Tahap I melalui APBN 2016 meliputi pembangunan tiang pancang pada bangunan tubuh embung, tiang pancang pada bangunan pelimpah, bangunan inlet, tiang pancang pada bangunan tanggul, serta pekerjaan bangunan inlet.

Untuk tahap II melalui APBN 2017 pekerjaannya meliputi tubuh embung dan area genangan, bangunan pelimpah, tanggul, bangunan intake, bangunan rumah ganset, serta bangunan rumah jaga. Sedangkan untuk tahap III melalui APBN 2018 pekerjaan meliputi lanjutan pekerjaan tubuh embung dan area genangan, bangunan inlet, gerbang dan portal, pos jaga, pompa, dan landscape.

Adapun kontraktor pelaksana lanjutan pembangunan Embung Rawasari tahap III adalah PT Farrel Siak Perdana dengan supervisi PT. Celebes Pratama. Sebagai informasi, Pembangunan Embung Rawasari menggunakan total anggaran sebesar Rp 68,44 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 – 2018.

Baca Juga: Bendungan Kuwil Kawangkoan ditargetkan selesai akhir tahun 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×