kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR pastikan pejabat BP Tapera ditetapkan akhir bulan ini


Minggu, 06 Januari 2019 / 16:56 WIB
Kementerian PUPR pastikan pejabat BP Tapera ditetapkan akhir bulan ini
ILUSTRASI. Pembangunan Perumahan


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah memberikan nama-nama komisioner dan deputi yang akan memimpin Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) kepada Presiden Joko Widodo.

Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Adang Sutara menyebut bahwa Presiden kemungkinan akan mengumumkannya pada akhir bulan ini.

"Plt komisioner kan pak Sony Lahoya. Ini artinya operasional BP Tapera sudah siap. Sudah diusulkan komisioner dan deputi komisioner ke presiden dan diharapkan bulan ini bisa ditetapkan," ujar Adang kepada Kontan.co.id, Minggu (6/1).

Adang menyebut bahwa usai rapat komite terkahir yang keempat akhir Desember 2018, pengajuan BP Tapera sudah diberikan kepada Presiden. Usai diumumkan, pemimpin BP Tapera akan langsung mengerjakan tugasnya untuk penyediaan rumah bagi semua orang yang membutuhkan.

"Mudah-mudahan Januari 2019 ini selesai, tapi ini tergantung komisioner dan deputi komisioner yang ditetapkan presiden. Kemarin kata bu Anita, 1 hingga 2 minggu kedepan akan di tetapkan," jelasnya.

Anita yang dimaksud Adang tak lain adalah Anita Firmanti yang merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR.

Terkait dengan pembiayaan perumahan melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan sistem Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sepanjang 2018 yang dinilai masih di bawah target, penyaluran FLPP juga akan dievaluasi. Evaluasi ini adalah penyesuaian target dari bank pelaksana dan sejauh ini masih berupa RPP (Rancangan Peraturan Prmerintah).

"Sedikit lagi. Jadi ada masukan dari ibu menteri keuangan Sri Mulyani, terkait pengalihan dana FLPP. Kan nanti FLPP akan ada perbaikan dalam revisi ini. Mudah-mudahan bulan ini ditetapkan Presiden," tambahnya.

Untuk tahap awal Tapera untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri akan otomatis tercantum sebagai peserta. Hanya saja perlu menunggu RPP diundangkan.

"Itu sudah langsung menjadi peserta Tapera. Nah begitu RPP penyelenggarannya diundangkan, ASN, TNI dan Polri sudah langsung menjadi peserta Tapera. Karena mereka sudah punya saldo awal Tapera," jelasnya.

Untuk saldonya, Adang menyebut bahwa berbeda-beda bergantung pada Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapetarum).

"Nanti kan beda-beda (saldonya). Hasil penyimpanan Taperumnya kan beda-beda ya dari Bapetarum. Tapi prinsipnya ASN sudah menjadi peserta Tapera," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×