kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapan sekolah tatap muka kembali digelar? Ini jawaban Menteri Nadiem Makarim


Senin, 16 November 2020 / 20:52 WIB
Kapan sekolah tatap muka kembali digelar? Ini jawaban Menteri Nadiem Makarim
ILUSTRASI. Mendikbud Nadiem Makarim menuturkan, pihaknya kini masih menggodok pembukaan pembelajaran tatap muka.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak awal pandemi Covid-19 pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi swasta maupun negeri dilakukan secara jarak jauh atau secara online. Kapan pembelajaran tatap muka akan kembali berjalan? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menuturkan, pihaknya kini masih menggodok pembukaan pembelajaran tatap muka.

"Untuk sekolah tetap muka ini sekarang kita sedang kaji dan sedang kami analisa dan mengkaji lagi surat keputusan bersama (SKB) 4 kementerian, bagaimana kita bisa membantu anak-anak kita yang paling sulit melakukan pembelajaran jarak jauh, bisa lebih banyak lagi yang masuk sekolah," jelas Nadiem saat rapat kerja Kemendikbud bersama Komisi X DPR RI pada Senin (16/11).

Prioritas Nadiem sejak awal ialah bagaimana mengembalikan anak ke sekolah tatap muka seaman mungkin.

Baca Juga: Terkait bantuan kuota, Mendikbud: Masih banyak pelajar yang belum memiliki gawai

Sebelumnya, pembelajaran tatap muka dapat kembali dilakukan bagi sekolah yang berada di daerah dengan status zona kuning atau hijau terkait pandemi Covid-19.

Namun, bagi sekolah yang berada di luar zona hijau hingga saat ini kebijakan sekolah tatap muka masih terus dikaji.

"Mengembalikan anak ke sekolah tatap muka seaman mungkin itu adalah komitmen saya. Jadi mohon kesabaran pasti kami akan selalu meningkatkan kesempatan bagi yang paling sulit melakukan pembelajaran jarak jauh akan bisa melaksanakan format tatap muka. Mohon ditunggu nanti pasti ada kebijakannya," imbuhnya.

Soal sekolah di daerah zona hijau yang belum menerapkan kembali tatap muka, Nadiem meminta Komisi X DPR untuk membantu mencari tahu penyebabnya.

"Mohon dukungan Komisi X DPR agar di dapil-dapilnya yang zona hijau dan kuning mengapa ada yang belum membuka sekolah. Banyak sekali zona hijau dan kuning walaupun sudah 2 bulan sudah diperbolehkan tatap muka tapi masih belum melakukan [tatap muka]," kata Nadiem.

Fakta belum semua sekolah di zona hijau membuka tatap muka, diperoleh Nadiem saat melakukan kunjungan ke daerah dan mendengar aspirasi agar sekolah tatap muka kembali digelar di zona hijau.

Selanjutnya: Guru honorer dan tenaga pendidik non PNS akan dapat Rp 1,8 juta, apa syaratnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×