kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka? Ini informasinya


Kamis, 01 April 2021 / 05:15 WIB
Kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka? Ini informasinya


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Minggu (28/3/2021) pukul 23.59 WIB, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16 resmi ditutup. 

Jika melihat gelombang-gelombang sebelumnya, penerima Kartu Prakerja gelombang 16 akan diumumkan dalam waktu 2-3 hari ke depan. 

Namun, untuk pembukaan Kartu Prakerja gelombang 17, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari pelaksana program Kartu Prakerja.  

Rencana Prakerja gelombang 17 

Head Communications of Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan gelombang 12-16 dicabut. 

Pencabutan itu dilakukan karena penerima Kartu Prakerja tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima. 

Dari lima gelombang yang telah dibuka tahun 2021 ini, belum ada data peserta yang di-blacklist dari statsus kepesertaannya. Sebab, batas waktu pemblokiran status kepesertaan terdekat baru akan jatuh pada 1 April 2021 untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 12. 

Baca Juga: Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16 diumumkan, begini cara cek peserta lolos

Menurut Louisa, target kuota 2,7 juta peserta sudah tercapai dalam lima gelombang ini. Dengan demikian, pendaftaran Kartu Prakerja untuk semester pertama tahun ini sudah berakhir. Ia pun belum bisa memastikan waktu pembukaan dan jumlah kuota yang tersedia pada gelombang 17. 

"Masih harus menunggu gelombang 13-16," kata Louisa kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021). 

Gelombang tambahan

Untuk diketahui, manajemen Kartu Prakerja tahun 2020 lalu juga menambah satu gelombang tambahan. Kuota yang tersedia pada gelombang tambahan tersebut merupakan pemulihan dari kepesertaan Kartu Prakerja gelombang 1-10 yang telah di-balcklist. 

Dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 20 ayat 2, disebutkan bahwa pembelian pelatihan untuk pertama kali dilakukan tidak lebih dari 30 hari. 

Baca Juga: Ingin ikut pelatihan prakerja? lima kelas ini menjadi favorit peserta kartu prakerja

Jangka waktu pemilihan itu dihitung sejak peserta mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dan melengkapi data secara daring melali laman resmi Kartu Prakerja. 

Kepesertaan dicabut dan di-blacklist Sementara ayat 3 menyebutkan bahwa konsekuensi jika penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pelatihan dalam jangka waktu itu, maka status kepesertaannya akan dicabut. 

Jika status kepesertaan itu dicabut, maka peserta tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja atau di-blakclist. Selain itu, bantuan pelatihan telah diberikan juga akan dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Kapan Dibuka? Ini Infonya"
Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Selanjutnya: Tidak lolos Kartu Prakerja 2021? Cek sendiri mungkin ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×