kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kantongi izin Kemenkes, pemesanan 500.000 alat rapid test corona siap masuk Indonesia


Kamis, 19 Maret 2020 / 15:22 WIB
Kantongi izin Kemenkes, pemesanan 500.000 alat rapid test corona siap masuk Indonesia
ILUSTRASI. Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga.?Kantongi izin Kemenkes, Pemesanan 500.000 rapid tes corona oleh Kementerian BUMN mulai masuk Indonesia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah memesan 500.000 alat rapid test corona dari Tiongkok. Pemesanan dalam jumlah besar itu agar proses uji covid-19 dalam berlangsung cepat dan murah.

Kabar gembiranya, alat uji covid-19 itu sudah mulai masuk ke Indonesia pada hari ini. Hal itu dikonfirmasi oleh Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga dalam konferensi pers online pada Kamis (19/3). Sebelumnya, pemesanan alat test itu, terbentur izin dari Kementerian Kesehatan sebagai regulator alat medis.

Baca Juga: Hotel Sahid Jaya International (SHID) catat penurunan okupansi karena virus corona

Rapid test sudah disetujui Kemenkes. Masuknya ke Indonesia bertahap, akan kita masukan tiap hari terus-terusan. Jumlah yang sudah masuk, detailnya saya tidak tahu,” ujar Arya.

Ia melanjutkan, rapid test yang sudah masuk itu, akan akan disalurkan segera mungkin oleh RNI ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Ia pun menyebut bahwa alat tes itu sudah sesuai dengan standar WHO.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah memesan alat itu langsung dari Hangzhou ke Indonesia. Kementerian BUMN menggunakan maskapai Garuda untuk menjemput alat itu dan hanya butuh waktu dua hari.

Arya mengklaim bahwa hasil tes yang dikeluarkan dari alat tersebut tak membutuhkan waktu yang lama. Paling lama, hasil tes akan keluar dalam waktu 3 jam.

Baca Juga: Ada corona, BI pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi 4,2%-4,6%

Namun yang perlu digarisbawahi, rapid test corona ini, merupakan tahap awal pengecekan guna mengetahui positif terpapar virus corona atau tidak.




TERBARU

[X]
×