kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi tengah menjajaki peluang koalisi dengan PAN


Senin, 14 Oktober 2019 / 16:10 WIB
Jokowi tengah menjajaki peluang koalisi dengan PAN
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kedatangan Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5/2019).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Istana Merdeka. Dalam pertemuan tersebut, kedua tokoh mengaku  membahas banyak hal, salah satunya adalah peluang koalisi.

Presiden Jokowi mengatakan, pembicaraan mengenai peluang koalisi ini belum final, karena masih banyak yang dibicarakan belum rampung.

Baca Juga: Setelah SBY, Jokowi akan bertemu Prabowo di Istana sore ini

"Kita mau bertanya kepada partai, kepada ketua partai visi mereka terhadap tantangan ke depan ini seperti apa, baik di dalam negeri dan tantangan eksternal," ujar Jokowi usai bertemu Zulkinfli di Istana Merdeka, Senin (14/10).

PAN merupakan salah satu partai pengusung Parabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menjadi rival Jokowi bersama Maruf Amin pada pemilihan presiden 2019-2024 lalu. Sebelum PAN Jokowi juga bertemu dengan partai pengusung Prabowo-Sandi lainnya yakni Gerindra dan Demokrat.

Sebagai informasi, Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis (10/10). Setelah itu Jokowi juga bertemu mantan lawannya sekaligus Ketua Umum Gerindra, Jumat (11/10).

Selain ketiga partai itu, masih ada satu partai pengusung Prabowo-Sandi yang lolos ke parlemen dan belum bertemu Jokowi yaitu PKS. Namun, Jokowi masih bungkam soal rencana bertemu dengan partai yang dipimpin M Sohibul Iman tersebut.

Baca Juga: Jokowi pastikan ada menteri yang berasal dari Papua di Kabinet Jilid II

Tidak hanya koalisi, Jokowi juga membahas mengenai rencana penghidupan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Jokowi meminta tanggapan Zulkifli sebagai mantan Ketua MPR.

"Saya tadi bertanya mengenai amandemen ke beliau kan mantan ketua MPR, sehingga yang sudah dipersiapkan, kajian seperti apa, kira-kira seperti apa," terang Jokowi.

Sama seperti pertemuan dengan Demokrat dan Gerindra sebelumnya, Jokowi juga menyampaikan pembahasan ekonomi dalam pertemuan dengan Zulkifli. Antara lain adalah tantangan ekonomi yang akan dihadapi Indonesia ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×