kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan bisa dipakai fungsional saat Lebaran


Minggu, 19 Januari 2020 / 08:58 WIB
Jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan bisa dipakai fungsional saat Lebaran
ILUSTRASI. Jasa Marga optimistis sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segera rampung dan bisa dilintasi saat libur Lebaran 2020.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), optimistis sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segera rampung dan bisa dilintasi saat libur Lebaran 2020.

"Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dimulai dari Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer," kata Direktur Utama PT JJS Dedi Krisnariawan Sunoto dikutip dalam melalui keterangan tertulis, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Hoaks, kabar pengguna tol terhindar denda meski kehilangan kartu e-toll

Menurut dia, sepanjang 8,7 kilometer (Sadang-Jalan Industri) dari total panjang 27,85 kilometer Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan tersebut dapat beroperasi fungsional pada arus balik Lebaran tahun ini. "Rencananya jalur fungsional yang disiapkan adalah untuk arus balik Lebaran 2020," katanya.

Para pengguna Jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju ke Jakarta bisa keluar di Simpang Susun Sadang, lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk kemudian melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Sementara itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri memiliki panjang 62 kilometer yang terdiri atas 3 paket. Paket 1 (Jati Asih-Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 Kilometer, Paket 2 (Setu-Taman Mekar) sepanjang 24,85 Kilometer, serta Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 Kilometer.

Pembebasan lahan untuk Paket 3 hingga 15 Januari 2020 telah mencapai 73,88%. Sedangkan progres konstruksinya telah mencapai 12,58%.

Sementara itu, Paket 1 statusnya kini dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design (DED). Sedangkan untuk Paket 2 dalam persiapan tender.
Bila sudah beroperasi penuh nanti, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) angkat bicara atas kasus PHK karyawan JalanTol LingkarLuar Jakarta

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR I, JORR II dan Jalan Tol Cipularang. Dengan demikian, dapat pula menurunkan biaya logistik distribusi barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut.

Editor: Erlangga Djumena

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lebaran, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Sudah Bisa Dipakai".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×