kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IC-CEPA berdampak positif terhadap kenaikan ekspor Indonesia


Kamis, 13 Agustus 2020 / 18:12 WIB
IC-CEPA berdampak positif terhadap kenaikan ekspor Indonesia


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) resmi berlaku pada 10 Agustus. Perjanjian dagang kedua negara akan berdampak positif pada Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, IA-CEPA akan mendongkrak ekspor dari Indonesia ke Cile.

“Ada peningkatan utilitas ekspor yang angkanya mencapai 167%. Ini adalah peningkatan yang sangat besar. Semua ini tidak lepas dari kemudahan dan potongan tarif hingga non persen dari produk-produk Indonesia ke Cile," katanya melalui siaran pers, Kamis (13/8).

Dilihat pemanfaatan Surat Keterangan Asal (SKA), angkanya juga naik tajam. Pada tahun 2019 angkanya hanya sekitar 19,9 juta sedangkan hingga Juli 2020  sudah menjadi 53,3 juta. Sedangkan angka nominal riilnya USD73,2 juta.

Baca Juga: IA-CEPA berlaku, ekonom CORE berharap Indonesia bisa kerek ekspor ke Australia

“Dampaknya terlihat sekali. Bahkan baru sampai Juli saja sudah lebih dari dua kali lipat. Itu baru setengah tahun pemanfaatan SKA-nya. Ini karena memang memanfaatkan SKA itu keuntungannya sangat menarik. Tarif impor yang diberlakukan oleh Chile menjadi 0 persen, otomatis harga barang lebih rendah dan mengangkat daya saing.” tambah Jerry.

Dia mengatakan, Kemendag menyambut baik IC-CEPA karena menjadi kabar baik di tengah kondisi ekonomi dunia yang belum pulih karena pandemi. Bagi Indonesia, meningkatnya nilai ekspor juga akan memberikan dampak pada bergulirnya ekonomi domestik.

Produk-produk dominan yang masuk ke pasar Cile dari Indonesia adalah alas kaki, tekstil dan produk turunannya, bahan makanan, kendaraan bermotor serta kertas. Ke depan, dia berharap produk-produk dengan nilai tambah tinggi bisa lebih digalakkan.

“Produk-produk teknologi dan digital harus terus didorong. Kemampuan dan kreatifitas anak-anak muda Indonesia tidak diragukan lagi. Hanya kita perlu membentuk sebuah ekosistem yang mendukung. Kemendag punya banyak program dalam failitasi perdagangan dan ekspor. Tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan dunia usaha," tuturnya.

Baca Juga: Chile janjikan aturan yang lebih atraktif untuk investor Indonesia

Bagi Jerry, Cile juga bisa jadi pintu masuk produk Indonesia. Letak Cile yang berada di sepanjang pantai Barat Amerika Latin bisa menjadi hub untuk negara-negara sekitar seperti Brasil, Kolombia, Venezuela. Letak Amerika Selatan yang relatif jauh dari Indonesia perlu dicarikan solusi agar lebih mudah terjangkau produk Indonesia.

“Masalah utama di transportasi dan logistik. Saya kira kita perlu bersama-sama mencari solusi. Kemarin kita coba bicara dengan beberapa marketplace untuk membuat semacam gudang terpadu. Masih dalam taraf penjajakan awal. Tetapi kami berharap itu menjadi salah satu solusi agar biaya transportasi dan logistiknya bisa ditekan.” ujarnya.

Lebih lanjut Jerry akan memastikan mekanisme perjanjian-perjanjian bilateral bisa terus dibuat. Ia menilai perjanjian bilateral menjadi kunci keberhasilan menembus pasar asing.

“Ada perbedaan antara perjanjian bilateral dan multilateral. Kalaa perjanjian multilateral seperti ASEAN-Korea FTA itu kan kerangka besar. Kita masih bersaing dengan negara-negara ASEAN lain untuk memenangkan pasar Korea. Nah, kalau bilateral kan kita langsung. Jadi lebih kelihatan dampaknya. Tapi kedua-duanya punya sisi keunggulannya masing-masing.” Imbuh Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×