kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga jual vape naik tahun depan, begini respons pelaku usaha


Rabu, 20 November 2019 / 20:13 WIB
Harga jual vape naik tahun depan, begini respons pelaku usaha
ILUSTRASI. Industri Rokok Elektrik: Pramuniaga menjelaskan produk rokok elektri JUUL di gerai Pacific Place, Sabtu (20/7).


Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri rokok elektrik alias vape di dalam negeri harus menyesuaikan diri lagi. Setelah dikenakan tarif cukai sebesar 57% mulai tahun ini, pemerintah bakal menaikkan harga jual eceran (HJE) vape mulai tahun depan. 

Sekretaris Umum Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Edy Suprijadi, mengatakan, pihaknya telah mendengar kabar tersebut.  “Kalau ditanya kami sebenarnya mau atau tidak ada kenaikan, ya tentunya tidak mau. Tapi kita harus mengikuti aturan kalau memang harus begitu aturannya,” ujar Edy saat ditemui, Rabu (20/11). 

Baca Juga: Kemenkeu akan menaikan harga jual eceran vape mulai 2020, berikut gambarannya

Adapun, Edy meyakini pemerintah akan terlebih dahulu berdiskusi dan bertukar pikiran dengan asosiasi pelaku usaha rokok elektrik sebelum menentukan kebijakan kenaikan HJE.

Dengan begitu, pemerintah dapat merumuskan solusi yang seimbang antara mengendalikan konsumsi masyarakat dan menjaga iklim usaha vape tetap berkembang. 

Menurut Edy, sebesar 80% pelaku usaha vape berskala usaha kecil dan menengah. Pemerintah sebelumnya juga telah mengenakan tarif cukai maksimum sebesar 57% terhadap produk vape.

“Kita ingin melaksanakan aturan pemerintah, tapi iklim usaha juga kami harap dijaga tetap kondusif agar kita bisa berkembang ke depan. Industri ini lahirnya dari komunitas dan sebagian besar bertaraf UKM,” lanjut Edy. 

Baca Juga: Bersiap, harga jual eceran vape naik tahun depan

Jika benar potensi kenaikan HJE vape mencapai 58% mengikuti kenaikan HJE salah satu golongan rokok konvensional, Edy sangat menolaknya. Menurutnya kenaikan HJE hingga 58% akan membuat harga sejumlah produk vape menjadi sangat mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat. 

“Market pasti ada kekhawatiran kalau harga akan naik. Sementara mereka kan menanggap produk ini sebagai alternatif,” pungkasnya. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×