kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Habis-habisan keluarkan jurus menjaga otot rupiah


Sabtu, 21 Juli 2018 / 15:26 WIB
Habis-habisan keluarkan jurus menjaga otot rupiah


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah diproyeksi masih akan bergerak liar. Tantangan eksternal masih akan terus menghadang. Bank Indonesia (BI) juga terus membombardir pasar dengan rencana mengeluarkan jurus-jurus moneter untuk menjaga otot rupiah.

Tak hanya dengan bunga acuan, bank sentral akan menghidup kembali Sertifikat BI (SBI) tenor 9 bulan dan 12 bulan. Reaktivasi ini dilakukan untuk menambah ragam portofolio bagi dana-dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia.

Tak hanya itu saja, BI juga akan meluncurkan mekanisme suku bunga baru bernama INDONIA. Dasar penerbitan adalah Peraturan BI (PBI) yang bakal keluar dalam waktu dekat.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menjelaskan, INDONIA akan menggantikan suku bunga satu malam atau overnight dalam Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) yang selama ini menjadi acuan bunga pasar uang antar bank (PUAB).

Penentuan tingkat bunga INDONIA akan dilakukan melalui mekanisme transaksi, bukan quotation. Dengan demikian, tingkat bunganya menjadi lebih riil. "JIBOR overnight diganti Indonia. Untuk JIBOR tenor lain masih ada," jelas Mirza ke KONTAN, Jumat (20/7).

Sejumlah negara maju sudah lebih dahulu menerapkan penentuan bunga PUAB overnight melalui mekanisme transaksi atau lelang.

Misalnya, Inggris dengan Sterling Overnight Index Average (SONIA) yang dimulai tahun 1997. SONIA berhasil memberi stabilitas suku bunga overnight dan mendorong terciptanya pasar Overnight Index Swaps (OIS) dan Sterling Money Markets di Inggris Raya.

Adapun INDONIA akan jadi basis pasar menciptakan instrumen OIS. Setelah OIS terbentuk, pasar akan memiliki instrumen hedging baru yaitu Interest Rate Swap (IRS).

Ekonom Maybank Indonesia Juniman menilai INDONIA strategi tepat. Perhitungan suku bunga melalui transaksi akan membuat suku bunga JIBOR overnight lebih riil. "Paling enggak ini akan membuat suku bunga swap rupiah dan dollar AS terjaga, sehingga kurs rupiah juga terjaga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×